Senin 06 Feb 2023 18:23 WIB

Otoritas Putuskan Pasokan Listrik di Masjid Shahi Idgah India

Pemutusan listrik disebut bagian dari kampanye lawan konsumsi listrik ilegal.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Masjid (ilustrasi). Otoritas Putuskan Pasokan Listrik di Masjid Shahi Idgah India
Foto: Dok Republika
Masjid (ilustrasi). Otoritas Putuskan Pasokan Listrik di Masjid Shahi Idgah India

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pasokan listrik Masjid Shahi Idgah Mathura di India diputus pada Ahad (5/2/2023), setelah dilaporkan memiliki sambungan listrik ilegal. Sekretaris Komite Masjid Shahi Idgah juga didenda oleh otoritas kepolisian.

 

Baca Juga

Menurut langkah itu diajukan berdasarkan pengaduan Shri Krishna Janmabhoomi Mukti Nirman Trust berdasarkan pasal 135 Undang-Undang Kelistrikan 2003, di kantor polisi Krishna Nagar.

 

Dilansir dari The Wire pada Senin (6/2/2023), kantor berita PTI melaporkan, mengutip pernyataan pers yang dikeluarkan oleh pemerintah di Lucknow, bahwa tindakan tersebut diambil sebagai bagian dari kampanye berkelanjutan melawan konsumsi listrik ilegal di Uttar Pradesh.

 

Sambungan diputus oleh tim gabungan Polres Mathura dan departemen kelistrikan. Masjid shahi Idgah terkunci dalam pertarungan hukum dengan Shri Krishna Janmabhoomi Mukti Nirman Trust atas properti masjid.

 

Pada Mei 2022, pengadilan di Uttar Pradesh mengizinkan permohonan pemindahan masjid berdasarkan klaim bahwa masjid tersebut dibangun di atas tanah milik kuil Keshav Dev, yang diyakini sebagai tempat kelahiran dewa Hindu Krishna.

 

Masjid ini terletak di sebelah kuil. Sesuai laporan, total sembilan permohonan telah menunggu di pengadilan Mathura yang meneruskan klaim serupa di Masjid Shahi Idgah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement