Rabu 01 Feb 2023 05:20 WIB

Cerita Megawati Protes ke Bung Karno Terima Tamu Warga NU: Kok Pakai Sandal?

Megawati menerima penghargaan Satu Abad NU mewakili Soekarno

Rep: Fauziah Mursyid / Red: Nashih Nashrullah
Megawati Soekarnoputri. Megawati menerima penghargaan Satu Abad NU mewakili Soekarno
Foto: Dok Republika
Megawati Soekarnoputri. Megawati menerima penghargaan Satu Abad NU mewakili Soekarno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri turut menghadiri Anugerah Satu Abad Nahdlatul Ulama dalam rangka memperingati hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU), Selasa (31/1/2023). Dalam acara tersebut, Megawati mewakili Presiden Soekarno yang menerima penghargaan kategori tokoh nasional.

Megawati pun bercerita tentang kedekatannya dengan NU sejak masih usia kanak-kanak. Megawati mengingat pernah memprotes Presiden Soekarno saat menerima tamu rombongan yang menggunakan pakaian Muslim koko, peci, dan sarung, tetapi tidak menggunakan sepatu.

Baca Juga

"Saya orangnya pemerhati, lalu memakai sandal, saya minta ketemu bapak saya karena mau protes. Jadi saya bisik-bisik kepada beliau, katanya kalau mau terima tamu pakaiannya mesti rapi, itu tamu bapak kenapa nggak pakai sepatu?" kata Megawati di Teater Tanah Air TMII, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Presiden Soekarno pun menurut Megawati kemudian terdiam dan bingung, kemudian menyuruhnya untuk keluar terlebih dahulu.

"Setelah keluar saya tagih, ketika sudah selesai menerima tamu tersebut, jadi beliau bilang lain kali jangan ngomong begitu itu nanti kalau kedengaran ngga sopan," ujar Megawati menirukan Presiden Soekarno.

Ketua Umum PDIP itu pun mengungkap alasan dia memprotes, karena selama ini diajari untuk berpakaian sopan menggunakan sepatu. Oleh Bung Soekarno, dijelaskan jika rombongan tamu tersebut adalah golongan pejuang NU. 

"Terus bapak saya bilang, itu pejuang, kami dari kecil selalu sudah mendengar kata pejuang, pejuang apa itu tadi? Ya itu dari kalangan NU, saya mana mengerti NU itu apa," ujarnya.

Karenanya, sejak saat itu Megawati sudah familiar  orang-orang yang menghadiri acara resmi tanpa mengenakan sepatu adalah warga NU.

"Jadi makanya setiap kalau lihat, mohon maaf, yang duduk di sini seperti Pak Ma'ruf segala saya sudah nggak panglinglah karena sudah dari dulu saya tahu kalau tamu yang tidak bersepatu itu, sudah pasti adalah orang dari kalangan NU, mohon maaf," kata Megawati yang kemudian disambut tawa para hadirin.

Megawati menghadiri Anugerah Satu Abad Nahdlatul dalam rangka memperingati hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU). Megawati datang sekitar pukul 19.50 di acara yang digelar di Teater Tanah Air Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Kehadiran Presiden kelima RI kali ini dalam peringatan harla NU ini bukan pertama kalinya. Pada peringatan Harlah NU tahun 2022 lalu, Megawati juga hadir meski secara virtual.

Anugerah penghargaan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar, sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju, beserta tokoh-tokoh lainnya.

Baca juga : Anugerah Satu Abad NU, Erick Thohir: Ini Bersejarah dan Penuh Makna

Dalam rangka peringatan 1 Abad NU, PBNU menggelar acara “Anugerah 1 Abad NU” kepada institusi dan individu yang memberi kontribusi dalam memperjuangkan peradaban dunia baru yang lebih mulia dan berkeadilan.

Pemberian anugerah akan dibagi atas tiga kategori di antaranya, kategori internasional, kategori tokoh nasional, dan kategori internal NU yang diberikan kepada institusi atau individu di level nasional hingga global yang memiliki kontribusi, pemikiran, atau karya yang memiliki pengaruh luas.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement