Selasa 17 Jan 2023 14:18 WIB

Haedar Nashir Imbau UMPR Akselerasi Tambah Guru Besar

UMPR harus menghasilkan sarjana dan tokoh masyarakt berkarakter.

Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir belum lama ini mengunjungi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir belum lama ini mengunjungi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir meminta Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR), Dr HM Yusuf yang baru dilantik untuk mengakselerasi program doktor di lingkungan kampus setempat.

"Rektor UMPR ini harus mengakselerasi rasio dosen bergelar doktor. Maka, harus mampu meningkatkan kolaborasi antara Muhammadiyah dan LLDIKTI," kata Haedar di Palangka Raya, Selasa (17/1).

Saat ini perguruan tinggi Muhammadiyah Palangka Raya memiliki 39 tenaga dosen bergelar doktor dari total 170-an dosen yang ada.

"Sementara di tahun ini ada dua yang berproses sebagai guru besar. Sekali lagi, tugas pak rektor adalah mengakselerasi peningkatan jumlah guru besar dan doktor," katanya.

Ia juga menekankan bahwa Rektor UMPR harus membangun sistem yang kuat, sehingga kampus swasta terbesar di Kalteng ini semakin mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan perkembangan zaman.

Dia menambahkan Rektor UMPR harus memperkuat implementasi Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta penguatan Al-Islam Kemuhammadiyahan.

Pelantikan Dr M Yusuf sebagai Rektor UMPR masa jabatan 2023-2027 ini dilakukan Wakil Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah Prof Dr HM Noor Rochman Hadjam di salah satu hotel di Kota Palangka Raya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI, Dr Muhammad Akbar mengatakan salah satu tantangan saat ini dalam pengembangan perguruan tinggi adalah terkait akreditasi.

Maka, dengan dilantiknya rektor ini, Muhammad Akbar berharap UMPR akan meningkatkan akreditasi, sehingga nantinya seluruh program studi terakreditasi unggul.

"Selamat atas dilantiknya Dr HM Yusuf sebagai Rektor UMPR. Semoga mampu mengemban amanah dengan baik, sehingga menjadikan UMPR semakin maju dan unggul," katanya.

Sementara itu Rektor UMPR Dr HM Yusuf mengatakan beberapa program utama yang akan dilaksanakan selama masa jabatannya adalah meningkatkan kualitas lulusan.

"UMPR tak akan memutus hubungan dengan alumni, kami juga akan mengutamakan peluang kerja bagi alumni. Atas izin pimpinan Muhammadiyah, kami juga minta peluang kerja di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) prioritas bagi alumni," katanya.

Selain itu, juga menjadikan UMPR sebagai solusi dan aktif berkontribusi dalam pembangunan, sekaligus menjadi ataupun menyiapkan solusi dalam setiap tantangan yang dihadapi di masa depan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement