Jumat 13 Jan 2023 20:31 WIB

Rakornas IKADI di Lombok akan Sikapi Masalah Keumatan

IKADI akan menggelar Rakornasi di Lombok pada 20-23 Januari

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Sekjen PP IKADI, Khairan M Arif (kiri), Ketua Umum PP IKADI, KH Ahmad Kusyairi Suhail (tengah), dan Ketua Panitia Rakornas IKADI, Ari Tri Priyono saat menggelar konferensi pers di Kantor IKADI, Jakarta Timur, Jumat (23/2/2023).
Foto: Muhyiddin/Republika
Sekjen PP IKADI, Khairan M Arif (kiri), Ketua Umum PP IKADI, KH Ahmad Kusyairi Suhail (tengah), dan Ketua Panitia Rakornas IKADI, Ari Tri Priyono saat menggelar konferensi pers di Kantor IKADI, Jakarta Timur, Jumat (23/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengurus Pusat Ikatan Dai Indonesia (PP IKADI) akan mennggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2023 di Arubna Senggigi Resort & Convention, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 20-23 Januari 2023 mendatang. Rakornas IKADI ini mengusung tema “Rise Toghether, Grow Stronger with IKADI”.

Ketua Umum PP IKADI, KH Ahmad Kusyairi Suhail, menjelaskan Rakornas ini merupakanan agenda nasional dalam rangka konsolidasi internal organisasi. Selain itu, menurut dia, dalam Rakornas ini IKADI juga akan menyikapi berbagai masalah keumatan dan kebangsaan.

Baca Juga

“Ini agenda nasional dalam rangka menyikapi berbagai macam perkembangan keumatan dan kebangsaan yang terjadi di Tanah Air,” ujar Kiai Kusyairi saat konferensi pers di Kantor IKADI, Jakarta Timur, Jumat (23/2/2023).

Menurut dia, Rakornas ini merupakan agenda besar yang akan menghadirkan banyak tokoh-tokoh besar dari seluruh Indonesia. Rakornas yang akan diikuti 300 orang ini akan dibuka oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dan akan ditutup Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

“InsyaAllah juga akan hadir pada Rakornas IKADI seluruh pengurus wilayah. Alhamdulillah IKADI memiliki 34 pengurus wilayah dan lebih dari 400 pengurus daerah kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Pada hari pelaksanaan Rakornas, menurut dia, IKADI juga akan menggelar seminar nasional secara hybrid dengan tema Ekonomi Keumatan. Seminar ini akan menghadirkan beberapa pembicara, seperti Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Direktur Bank Syariah Indonesia (BSI) Anton Sukarna.

“Yang menarik bahwa dalam Rakornas ini juga akan diselenggarakan Grand IKADI Award 2022. Mudah-mudahan Allah SWT memberkahi dan memberikan kemudahan acara ini untuk kebaikan umat dan bangsa,” katanya.

Sementara itu, Sekjen PP IKADI, Khairan M Arif, menjelaskan Rakornas ini digelar setiap lima tahun sekali dalam rangka mengkoordinasikan sleuruh agenda dakwah IKADI di seluruh Indonesia. Dia berharap, Rakornas ini dapat memberikan maslahat kepada umat.

Baca juga: Al-Fatihah Giring Sang Ateis Stijn Ledegen Jadi Mualaf: Islam Agama Paling Murni

“Karena dakwah Islam selalu dinamis, tantangan-tantangan Islam juga dinamis, selalu berkembang dan seterusnya. Semakin ke sini makin berat tantangan dakwah. Karenanya, dai ini harus dikoordinasikan, harus diberikan pembekalan juga,” jelas dia.

Sebelum Rakernas ini, IKADI juga telah menggelar beberapa kegiatan Pra Rakornas. Di antaranya Seminar Internasional yang telah digelar pada 10 Desember  2022. Dalam seminar iyang mengangkat tema peran Lembaga Dakwah dan Islam dalam Menghadapi Propaganda Islamophobia ini, IKADI mengundang pembicara dari Amerika Serikat, Saudai Arabia dan juga tokoh nasional.

Selain itu, sejak November 2022 hingga Januari 2023, IKADI juga menggelar Lomba Dakwah Digital Nasional IKADI (LDDNI) 2022. Lomba ini diikuti ribuan peserta dari seluruh Indonesia dengan melombakan empat kategori, yaitu Dai Cilik Putra dan Putri usia 6-12 tahun serta Dai Muda Putra dna Putri usia 17-25 tahun.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement