Ahad 08 Jan 2023 19:00 WIB

Lebih dari 5.000 Siswa di Brunei Mengenyam Pendidikan di Sekolah agama

Menag Brunei kemudian berkeliling kelas dan berinteraksi dengan siswa baru.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
 Lebih dari 5.000 Siswa di Brunei Mengenyam Pendidikan di Sekolah agama. Foto: Ilustrasi Masjid
Foto: Republika
Lebih dari 5.000 Siswa di Brunei Mengenyam Pendidikan di Sekolah agama. Foto: Ilustrasi Masjid

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR SERI BEGAWAN -- Sebanyak 5.161 siswa baru telah mendaftar sekolah agama di Brunei Darussalam. Jumlah tersebut terdiri dari 2.626 siswa laki-laki dan 2.535 siswa perempuan.

Menurut Kementerian Agama (Kemenag) Brunei, Distrik Brunei-Muara menerima 3.768 siswa, 705 di Kecamatan Belait dengan 705, 597 di Kecamatan Tutong dan 91 di Kecamatan Temburong. Hal ini diketahui sebagaimana dilansir Borneo Bulletin, Ahad (8/1/2023).

Baca Juga

Menteri Agama Pehin Udana Khatib Dato Paduka Seri Setia Ustaz Haji Awang Badaruddin bin Pengarah Dato Paduka Haji Awang Othman turut mengawasi pendaftaran santri baru di Pesantren Bengkurong dan Pesantren Pengiran Muda ‘Abdul Malik.

Hadir juga Sekretaris Tetap Kemenag Haji Mohammad Rosli bin Haji Ibrahim, Wakil Sekretaris Tetap (Kebijakan dan Agama) Kemenag Haji Mohd Serudin bin Haji Timbang dan Direktur Kajian Islam Haji Shamshol bin Haji Omar.

 

Menag Brunei kemudian berkeliling kelas dan berinteraksi dengan siswa baru dan orang tua dan diberi pengarahan tentang pendaftaran baru. Tahun ini, sebanyak 120 siswa belajar di Pesantren Bengkurong dari kelas persiapan hingga kelas 6 SD sedangkan di Pesantren Pengiran Muda ‘Abdul Malik sebanyak 178 siswa.

Untuk diketahui, sekolah agama sebagai jalur khusus dalam sistem pendidikan di Brunei pertama kali didirikan pada 16 September 1956, yang merupakan peninggalan Al-Marhum Sultan Haji Omar ‘Ali Saifuddien Sa’adul Khairi Waddien ibni Al-Marhum Sultan Muhammad Jamalul Alam.

Di bawah kepemimpinan Yang Mulia Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah, Sultan dan Yang Di-Pertuan dari Brunei Darussalam, sistem sekolah agama di negara ini terus mengalami perbaikan.

Sumber

https://borneobulletin.com.bn/over-5000-enrol-into-religious-schools-2/

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement