Ahad 08 Jan 2023 04:55 WIB

Tahun Kebangkitan Dunia Muslim: Lima Peristiwa Penting pada 2022

2022 dikenang sebagai tahun kebangkitan persaudaraan dan kerja sama Muslim.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov (kiri) dan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar. Tahun Kebangkitan Dunia Muslim: Lima Peristiwa Penting di 2022
Foto: Kementerian Pertahanan Turki - Anadolu Agency
Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov (kiri) dan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar. Tahun Kebangkitan Dunia Muslim: Lima Peristiwa Penting di 2022

REPUBLIKA.CO.ID, SABAH -- Saat 2023 dimulai, ini adalah waktu yang tepat melihat kembali tahun lalu yang telah memberikan banyak peristiwa penting bagi dunia Muslim, terutama di bidang politik, olahraga, dan perubahan iklim. Mari luangkan waktu sejenak untuk mengenang lima peristiwa penting di dunia Muslim pada 2022.

Tahun Kebangkitan Dunia Muslim: Lima Peristiwa Penting di 2022

Mediasi Turki Dalam Perang Ukraina

Baca Juga

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan gangguan ekonomi global yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pandemi menyebabkan resesi global terdalam sejak Perang Dunia II.

Pada 2021, ketika ekonomi sedang menuju pemulihan, perang yang sedang berlangsung antara Ukraina dan Rusia, yang dimulai pada kuartal pertama tahun 2022, sekali lagi menempatkan ekonomi dunia dalam bahaya. Dunia berada di ambang stagflasi karena inflasi dan pertumbuhan yang rendah di seluruh dunia.

 

Namun, kita tidak tahu kapan perang yang sulit ini akan berakhir. Di tengah waktu yang tidak pasti ini, peran mediasi Turki untuk menemukan titik temu antara Ukraina dan Rusia diapresiasi oleh para pemimpin dunia.

Upaya perdamaian Turki terbayar dengan beberapa hasil penting, seperti kesepakatan biji-bijian penting dan pertukaran tawanan perang antara Rusia dan Ukraina. Dengan demikian, Turki telah menunjukkan posisinya sebagai subjek dan bukan objek peristiwa, dan muncul sebagai salah satu aktor perdamaian terpenting dunia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement