Ahad 08 Jan 2023 04:55 WIB

Tahun Kebangkitan Dunia Muslim: Lima Peristiwa Penting pada 2022

2022 dikenang sebagai tahun kebangkitan persaudaraan dan kerja sama Muslim.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov (kiri) dan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar. Tahun Kebangkitan Dunia Muslim: Lima Peristiwa Penting di 2022
Foto:

Anwar Ibrahim sebagai PM Malaysia

Setelah beberapa dekade berjuang untuk supremasi hukum, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim diangkat sebagai perdana menteri ke-10 setelah salah satu pemilihan paling dramatis dalam sejarah Malaysia. Banyak pakar politik memuji kebangkitan Anwar sebagai peluang terbaik Malaysia menghidupkan kembali ekonomi dan merebut kembali sorotan internasional.

Pria berusia 75 tahun, yang banyak membaca tentang Islam, ekonomi, dan urusan internasional itu, sangat dihormati oleh komunitas internasional. Seorang kolumnis di Arab News menyebut kebangkitan Anwar sebagai kabar baik tidak hanya untuk Malaysia, tetapi juga untuk dunia Muslim. Pada 1990-an, Anwar, sebagai menteri keuangan dan wakil perdana menteri yang kompeten, memimpin ekonomi Malaysia dengan pertumbuhan dan optimisme yang signifikan.

Sebagai seorang Muslim yang sadar sosial, sejak 1970-an ia memelopori gerakan kebangkitan Islam di Malaysia, yang disebut Angkatan Belia Islam Malaysia (Gerakan Pemuda Muslim Malaysia). Partainya memiliki kepedulian sosial dan kepedulian terhadap orang miskin dengan visi Islam yang jelas. Anwar menyukai kemajuan sosial di dalam negara-bangsa. Baik komunitas Islam maupun dunia luas telah memuji visinya untuk Malaysia.

photo
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berbicara pada konferensi pers di kantor perdana menteri di Putrajaya, Malaysia, Jumat, 2 Desember 2022. Perdana Menteri baru Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan Jumat ia juga akan menjabat sebagai menteri keuangan saat meluncurkan Kabinet yang lebih ramping dengan banyak wajah baru dalam pemerintahan persatuannya. - (AP/Vivian Loo)

Piala Dunia Qatar

Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA untuk pertama kalinya sebagai negara Muslim Arab dan menjadi contoh terkemuka bagi dunia dengan melestarikan nilai-nilai, tradisi, budaya, dan identitas Arab-Islam sambil terbuka dan menyambut pengunjung dari seluruh dunia.

Lebih dari 1,4 juta orang mengunjungi Qatar selama Piala Dunia untuk menyaksikan pertunjukan terbesar di dunia. Sejak diberikan hak tuan rumah pada 2010, Qatar menghabiskan lebih dari 200 miliar dolar AS untuk mengembangkan dan meningkatkan infrastruktur, termasuk membangun tujuh stadion sepak bola baru, jalan raya, dan jembatan untuk menghubungkan seluruh negara dengan mudah.

Dengan sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia, Qatar telah menanggapi dengan baik kritik dari media arus utama Barat selama beberapa tahun terakhir. Sisi baiknya adalah Piala Dunia FIFA 2022 mempersatukan para pemimpin kawasan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement