Ahad 08 Jan 2023 04:55 WIB

Tahun Kebangkitan Dunia Muslim: Lima Peristiwa Penting pada 2022

2022 dikenang sebagai tahun kebangkitan persaudaraan dan kerja sama Muslim.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov (kiri) dan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar. Tahun Kebangkitan Dunia Muslim: Lima Peristiwa Penting di 2022
Foto:

Indonesia dan KTT G-20

KTT para pemimpin Kelompok 20 (G-20) adalah forum utama kerja sama ekonomi internasional. KTT ini titik fokus untuk masalah global sistemis yang tidak hanya membutuhkan koordinasi kebijakan ekonomi, tetapi juga visi strategis dan tindakan politik.

Indonesia, negara Muslim terbesar berdasarkan populasi, menjadi tuan rumah KTT para pemimpin G-20 pada 2022 ketika perang Rusia-Ukraina terjadi. Melalui KTT tersebut, para pemimpin G-20 menegaskan kembali komitmen menegakkan hukum internasional dan bekerja sama menjaga perdamaian dan stabilitas.

Kali ini, Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping duduk untuk berunding di sela-sela G-20, menyoroti perlunya dialog sebagai cara meredakan ketegangan geopolitik. Keduanya mengadakan pembicaraan langsung pertama mereka sejak Biden menjadi presiden.

Mereka bertemu di Bali menjelang KTT yang akan penuh dengan ketegangan atas invasi Rusia ke Ukraina. Sebagai pemimpin Asia pertama, Presiden Indonesia Jokowi Widodo tidak hanya mengunjungi Ukraina dan Rusia pada Juni 2022 menjelang KTT G-20, tetapi juga mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menghadiri G-20. Para pemimpin dunia memujinya sebagai upaya menemukan keseimbangan antara blok politik yang semakin terpecah.

Arsitektur kesehatan global, transformasi digital ekonomi global, dan transisi energi menjadi fokus KTT G-20 2022 di Bali, Indonesia. Indonesia dianggap mewakili suara negara-negara berkembang dan ekonomi baru di luar G-20.

photo
Presiden Indonesia Joko Widodo (tengah) berbicara dalam konferensi pers di sela-sela KTT Pemimpin G20 di Bali, Indonesia, 16 November 2022. KTT Kepala Negara dan Pemerintahan Kelompok Dua Puluh (G20) ke-17 berlangsung dari 15 hingga 16 November 2022. - (EPA-EFE/HOW HWEE YOUNG)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement