Ahad 08 Jan 2023 04:55 WIB

Tahun Kebangkitan Dunia Muslim: Lima Peristiwa Penting pada 2022

2022 dikenang sebagai tahun kebangkitan persaudaraan dan kerja sama Muslim.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov (kiri) dan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar. Tahun Kebangkitan Dunia Muslim: Lima Peristiwa Penting di 2022
Foto:

Misalnya, dunia melihat Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sissi berjabat tangan. Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman mengibarkan bendera Qatar di sekeliling dirinya, dan menginstruksikan pemerintah Saudi mendukung upaya Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga berterima kasih kepada Qatar karena mendukung perjuangan Palestina melalui Piala Dunia. Qatar telah mempromosikan identitas Islam melalui Piala Dunia, seperti melarang alkohol di stadion Piala Dunia, mendakwahkan pesan Nabi Muhammad SAW di jalan-jalan Qatar, dan membacakan ayat-ayat Alquran dalam upacara pembukaan yang menyerukan persatuan antarbangsa dengan tetap menjaga keragaman.

Qatar telah mencontohkan dukungan untuk perlindungan lingkungan dan mendaur ulang 80 persen limbah dari stadion Piala Dunia FIFA. Di Piala Dunia 2022, enam negara Muslim, yakni Qatar, Tunisia, Senegal, Arab Saudi, Maroko, dan Iran lolos dan menampilkan beberapa penampilan spektakuler.

Atlas Lions dari Maroko mencapai empat besar turnamen, tim Afrika dan Arab pertama yang melakukannya. Green Falcons dari Arab Saudi mengejutkan Argentina, sang juara turnamen, dengan kemenangan 2-1. Tunisia juga tersingkir dari Piala Dunia dengan kepala tegak dengan mengalahkan Prancis, runner-up turnamen.

Secara keseluruhan, 2022 adalah tahun yang luar biasa yang sebagian besar dikenang sebagai tahun kebangkitan persaudaraan dan kerja sama Muslim. Ketika dunia Barat menghadapi krisis ekonomi global yang disebabkan oleh inflasi tinggi dan pertumbuhan yang rendah akibat perang, penyelenggaraan acara besar semacam itu sepanjang tahun oleh negara-negara Muslim meningkatkan harapan untuk tahun depan yang lebih baik.

Berharap tahun 2023 akan menjadi tahun kerja sama lagi di antara dunia Muslim, belajar dari kekuatan kerja sama yang telah mereka tunjukkan di tahun lalu. Artikel ini dilansir dari Daily Sabah, Sabtu (7/1/2023).

photo
Para aktor tampil dalam upacara penutupan sebelum pertandingan sepak bola final Piala Dunia antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Ahad (18/12/2022). - (AP/Petr David Josek )

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement