Ahad 18 Dec 2022 15:27 WIB

Solidaritas Mengalir untuk Muslim Menyusul Kebencian Targetkan Masjid New Jersey 

Masjid di New Jersey menjadi sasaran provokasi kebencian oknum tak bertanggung jawab

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Islamofobia. Masjid di New Jersey menjadi sasaran provokasi kebencian oknum tak bertanggung jawab
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Islamofobia. Masjid di New Jersey menjadi sasaran provokasi kebencian oknum tak bertanggung jawab

REPUBLIKA.CO.ID, NEWJERSEY–Politisi New Jersey, termasuk gubernur dan seorang senator, serta para pemimpin agama dari berbagai agama menunjukkan solidaritas kepada umat Islam setelah insiden pelecehan di empat masjid di negara bagian tersebut.

Dalam insiden itu, sebuah truk melaju ke masjid dengan papan reklame digital dengan gambar serangan Mumbai 2008. 

Baca Juga

Semua insiden itu terjadi pada 26 November, peringatan 14 tahun pengeboman dan penembakan yang dilakukan ekstremis dari Pakistan yang menewaskan 175 orang.

Meskipun tidak ada yang terluka selama pelecehan itu, tindakan sebuah truk yang membawa gambar-gambar yang menghasut dan berhenti di masjid-masjid yang penuh sesak ini meresahkan jamaah. Hal ini membuat jamaah terkejut dan tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Selama pidato pada Jumat di Islamic Center of Old Bridge di New Jersey, Gubernur Phil Murphy mengatakan mengatakan tidakakan mendukung perilaku ini.  

"Kami tidak akan mendukung perilaku anti-Muslim," katanya dilansir dari The New Arab, Sabtu (17/12/2022).

“Kami tidak akan mendukung untuk intimidasi apa pun terhadap hak Anda untuk beribadah. Dan kami akan melakukannya, apakah itu [melalui] penegakan hukum yang keras atau menggunakan mimbar pengganggu atau media sosial saya atau, yang lebih penting, di mana saya memilih untuk berdiri dan berbicara," tambahnya.

Awal bulan ini, Senator Cory Booker menunjukkan dukungannya untuk komunitas Muslim di negara bagiannya, menulis dalam sebuah tweet:  

"Pelecehan anti-Muslim tidak memiliki tempat di New Jersey atau di mana pun. Kita harus berdiri bersama untuk menolak tindakan kebencian di mana pun itu terjadi."

Adapun para pemuka agama yang berbeda keyakinan, kelompok Hindu untuk Hak Asasi Manusia menghadiri rapat umum lintas agama yang diadakan pada 11 Desember sebagai tanggapan atas insiden tersebut.

Masih belum jelas siapa yang berada di balik pelecehan di masjid-masjid di New Jersey ini. 

Baca juga: Eks Marinir yang Berniat Mengebom Masjid Tak Kuasa Bendung Hidayah, Ia pun Bersyahadat

Namun, ada beberapa indikasi bahwa hal itu dapat dikaitkan dengan ekstremisme Hindu, berdasarkan insiden sebelumnya yang terjadi di daerah tersebut, kata Dina Sayedahmed, manajer komunikasi Dewan Hubungan Amerika-Islam-New Jersey, kepada The New Arab.

Pada bulan Agustus, sebuah asosiasi bisnis India berbaris dalam perayaan Hari Kemerdekaan India dengan mengendarai buldoser, yang sering digunakan sebagai simbol pembongkaran rumah Muslim di India. Kelompok Hindu lokal pada saat itu mengecamnya.

Sejauh ini, polisi belum merilis banyak informasi dan tidak mengomentari penyelidikan yang sedang berlangsung.

Diketahui saat ini adalah bahwa pengemudi telah ditangkap dan diinterogasi. Tampaknya dia disewa untuk mengemudi di dekat masjid dan dia tidak menyadari pentingnya apa yang dia lakukan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement