Senin 14 Nov 2022 19:17 WIB

Mahasiswa Muslim Masih Sulit Cari Makanan Halal di Seoul

Kawasan Islam Street di Seoul menyediakan makanan halal.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ani Nursalikah
Bulgogi, salah satu makanan halal asal Korea. Mahasiswa Muslim Masih Sulit Cari Makanan Halal di Seoul
Foto:

Foreign Food Mart yang terletak di dekat jalan utama Itaewon juga menjual daging segar, serta berbagai merek daging beku yang bersumber dari negara lain. Tentu saja, ada banyak restoran yang juga bisa dikunjungi mahasiswa untuk makanan halal.

Salah satu contoh yang terkenal adalah Halal Guys, waralaba makanan halal yang memiliki rantai yang berlokasi di dekat Universitas Hongik. Restoran lain seperti Little India, Bombay Grill, HojiBobo dan tempat kebab di Islam Street dan Itaewon adalah tempat yang bagus untuk bersantap.

“Di [Itaewon], Anda bisa pergi ke restoran mana saja dan tidak perlu khawatir tentang makanan yang mengandung babi atau semacamnya,” kata Thaitrong.

Namun, bagi mereka yang tinggal jauh dari Itaewon, berburu makanan halal bisa memakan waktu yang lama. Hamna Shahzad, mahasiswa S1 di Universitas Yonsei, menyebutkan bahwa dia tidak berbelanja di toko daging halal di Itaewon karena harganya mahal dan terlalu jauh.

Ahmad menyatakan ia datang ke Korea pada 2001 dan membuka toko pada 2006. “Setelah lima sampai enam tahun saya tinggal di Korea, saya merasa perlu adanya toko buku islami di mana produk-produk islami dapat tersedia bagi komunitas Muslim yang tinggal di sini sekaligus mengajak orang Korea untuk memeluk Islam,” kata Ahmad.

Bagi mereka yang tinggal jauh, menggunakan toko daging halal online adalah alternatif, dengan situs web seperti Yes!Halal memungkinkan pelanggan memesan daging. Namun, bahkan situs-situs ini tidak dapat diandalkan.

“Sebagian besar waktu [toko online] kehabisan stok... dan saya pikir harganya agak mahal,” kata Thaitrong.

Daging halal adalah makanan paling populer yang dicari mahasiswa Muslim di Korea. Namun, Islam Street juga merupakan rumah bagi toko lain yang menyediakan produk, barang, dan jasa Muslim. Jalanan ini dipenuhi dengan toko-toko yang menjual barang-barang keagamaan dan budaya Muslim seperti abaya untuk pria dan wanita, penutup kepala, tasbih, sajadah, miswak, dupa, produk hookah, dan minyak esensial.

Salah satu toko unik di Jalan Islam adalah Islamic Book Center milik Sheikh Muneer Ahmad. Toko ini adalah satu-satunya toko buku Islami di Korea dan menjual banyak versi dan terjemahan Alquran serta buku-buku pendidikan lainnya yang tersedia dalam bahasa Korea dan Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement