Kamis 10 Nov 2022 07:48 WIB

Warga Muhammadiyah Mancanegara Siap Hadiri Muktamar 48

Muhammadiyah akan menggelar muktamar.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Hafil
Warga Muhammadiyah Mancanegara Siap Hadiri Muktamar 48. Foto:   Perajin membuat batik tulis dengan motif Muhammadiyah dan Aisyiyah di Mahkota Batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (19/10/2022). Batik tulis berukuran panjang 5 meter dan lebar 3 meter tersebut dibuat untuk menyambut Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 November 2022.
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Warga Muhammadiyah Mancanegara Siap Hadiri Muktamar 48. Foto: Perajin membuat batik tulis dengan motif Muhammadiyah dan Aisyiyah di Mahkota Batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (19/10/2022). Batik tulis berukuran panjang 5 meter dan lebar 3 meter tersebut dibuat untuk menyambut Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah pada 18-20 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,SURAKARTA -- Kegembiraan jelang Muktamar 48 Muhammadiyah Aisyiyah di Surakarta pada 18-20 November 2022 tidak cuma dirasakan warga persyarikatan di Indonesia. Kegembiraan turut dirasakan warga persyarikatan Muhammadiyah di mancanegara.

Koordinator dari PCIM Turki, Arif Isdiman Saleh mengatakan, muktamar yang lima tahun sekali dan tertunda karena pandemi membuat seluruh warga persyarikatan bergembira menyambutnya. Bisa jadi ajang silaturahmi dan pertemuan sesama kader.

Baca Juga

Selain itu, PCIM Turki telah menggelar semarak Muktamar dengan Muktamaride, Jumat Berkah dan pengajian Muktamar dan Internasionalisasi Muhammadiyah. Sehingga, Muktamar menyatukan ukhuwah dan jadi langkah mencerahkan semesta.

"Jadi motivasi pertama kenapa saya harus ikut karena saya ingin bersilaturahmi dan bertukar pikiran seluruh kader Muhammadiyah di Indonesia dan mancanegara," kata Arif dalam Serba Serbi Muktamar 48 Muhammadiyah Aisyiyah, Kamis (10/11/2022).

Koordinator Penggembira dari Muhammadiyah Singapura, Abduh bin Abdul Rahman berharap, dapat langsung melihat semarak gelaran Muktamar 48 tersebut. Saat ini, mereka telah mengkoordinir 18 orang penggembira yang akan hadir di Surakarta.

Abduh turut berharap, Muktamar 48 dapat berjalan aman untuk semuanya dan dapat mendekatkan antar negara, jadi ajang bertukar pikiran, memajukan Indonesia dan mencerahkan semesta. Ia meminta penggembira yang hadir dapat menggembirakan.

"Kita jadi penggembira yang menggembirakan, ukhuwah bisa terjalin dan me-recharge kembali manfaat dalam bermuhammadiyah," ujar Mohan.

Mohan Akhyar Kho'ad dari PCIM Mesir menyatakan, muktamar kali ini bertepatan dengan jadwal libur kuliah teman-teman PCIM Mesir, sehingga banyak yang bisa hadir luring di Muktamar. Tercatat, saat ini 19 orang sudah mendaftarkan diri.

Banyak dari yang mendaftar sudah kembali ke kampung halaman masing-masing. Ada yang dari Solo, Klaten dan luar Pulau Jawa seperti Medan dan sebagainya, tapi sudah direncanakan akan kembali berkumpul di Surakarta pada 16 November nanti.

Kegembiraan jelang Muktamar 48 sudah pula digelar pengurus PCIM dengan berbagai semarak kegiatan. Mohan menyebut, PCIM Mesir telah melaksanakan Muktamaride yang mengambil garis awal dari markas PCIM ke Pyramid Giza jarak tempuh 40 kilometer.

"Semarak Muktamar tidak hanya dirasakan pengurus saja, tapi dirasakan seluruh elemen Muhammadiyah Mesir mulai dari senior sampai murid-murid TK ABA. Nanti akan ada lomba-lomba khusus bagi murid-murid untuk meriahkan jelang Muktamar," kata Mohan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement