Advertisement

RS Mata Achmad Wardi BWI-DD Lanyani Pemeriksaan Mata Gratis Warga Baduy

Rabu 31 Aug 2022 13:49 WIB

Red: Yogi Ardhi

Layanan pengobatan mata gratis ini dalam rangka memperingati World Sight Day 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Dalam rangka memperingati World Sight Day 2022, RS Mata Achmad Wardi BWI-DD berkolaborasi dengan Perdami, RSCM FKUI, IDI Banten, IAI, Sahabat Relawan Indonesia, serta BSMI menggelar pemeriksaan mata gratis untuk masyarakat Baduy di Kp. Nanggerang, Kanekes, Kec. Lewidamar, Kab.Lebak, Banten, Selasa (30/08/2022).

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari penuh, dengan total kurang lebih 40 pasien yang hadir dalam kegiatan ini. Berbagai keluhan mulai yang di alami pasien, mulai dari penglihatan yang mulai tidak jelas, serta bebrbagai penyakit umum sperti demam, pusing dan lainnya.

Selain adanya pemeriksaan mata oleh dokter spesialis mata kegiatan ini juga disertai dengan adanya pemeriksaan oleh dokter umum sebab ada juga pasien yang memupunyai keluhan selain mata.

“Alhamdulillah, hari ini merupakan salah satu kegembiraan untuk saya. ini merupakan salah satu awal kolaborasi kebaikan untuk kita semua dalam kegiatan bakti sosial ini. Mudah-mudahan dengan adanya pengobatan atau kegiatan baksos ini bisa memberikan kebermanfaatan yang luas untuk masyarakat baduy ini”. Ucap dr Moch. Badrus Sholeh, M.Kes, selaku direktur utama RS Mata Achmad Wardi BWI-DD.

"Ini merupakan untuk pertama kalinya kami mengadakan bakti sosial pemeriksaan mata gratis untuk masyarakat baduy langsung di lokasi, dengan dukungan banyak pihak seperti Sahabat Relawan Indonesia, BSMI, IDI, IAI, Perdami. Oleh karenanya kami berharap akan ada kolaborasi-kolaborasi lainnya tentunya dalam kebaikan," ujar Badrus.

Sebanyak 13 pasien yang sudah diperiksa terdeteksi positif katarak dan akan di tindak lanjuti pemeriksaanya ke RS Mata Achmad Wardi. 

Kasus penyakit mata di kampung Baduy ini bukan hanya katarak melainkan ada juga masyarakat yang terkena retina dan tumor pada mata. Khasus ini akan di tindak lebih lanjut oleh tim RSAW dan relawan.

 

Kegiatan ini melibatkan beberapa dokter spesialis mata dari RSCM FKUI, dr. Ari Djatikusumo SpM (K) selaku Kepala Departemen I.K Mata FKUI.

Selain itu juga hadir Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, Sp.M(K). selaku Dewan pengawas Rumah Sakit Mata Achmad Wardi. Memberikan himbauan untuk masyarakat di kampung baduy agar lebih peduli akan Kesehatan mata.

“Karena mata sangat penting untuk kita melakukan aktivitas sehari-hari apa lagi aktivitas suku Baduy berkaitan dengan bercocok tanam, menenun kain juga” ucapnya.

 

Sumber : dok
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

Tim Thomas Cup Indonesia Kalahkan Inggris 5-0

Sabtu , 27 Apr 2024, 23:59 WIB