Jumat 17 Jun 2022 10:27 WIB

Mengerikan, Israel Berniat Bangun Taman Nasional dengan Merampas Tanah Palestina

Pembangunan taman nasional akan menyita seribu kilometer tanah Palestina.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pemandangan permukiman Israel Elon Moreh (belakang) dilihat dari Azmout, sebuah desa di Palestina dekat Tepi Barat. Aktivitas pembangunan permukiman Israel di Tepi Barat melonjak pada tahun 2019. Ilustrasi. Mengerikan, Israel Berniat Bangun Taman Nasional dengan Merampas Tanah Palestina
Foto:

Rencana yang diusulkan mencakup tanah milik kota-kota Palestina seperti Abu Dis, Sawahrah Sharqiyah, dan Aizariyah. “Perluasan pemukiman Israel sudah memblokir Aizariyah seperti borgol," kata Wali Kota Aizariyah, Khalil Abu Rish yang terletak tepat di luar Yerusalem di sebelah timur, menghadap ke Lembah Yordan.

“Tanah Aizariyah mencakup 12 ribu dunam, di mana hanya 500 yang tersisa untuk perluasan kota. Sisanya telah disita untuk kepentingan permukiman Israel. Kota ini penuh sesak hari ini,” jelasnya. 

Dia mengatakan proyek permukiman yang ia hadapi saat ini antara lain memblokir pintu keluar timur kami menuju Lembah Yordan dan membuat kami menjadi jalan alternatif ke utara. Ini menunjukkan rencana dibuat untuk membangun lebih banyak unit permukiman di tanah kami.

Rencana itu tiba hanya beberapa hari setelah anggota parlemen sayap kanan Israel Bezalel Smotrich mengusulkan RUU untuk mendeklarasikan kedaulatan Israel atas Tepi Barat. Sebelumnya pada Juni, media Israel melaporkan para pemimpin pemukim merencanakan 10 pos pemukim baru di Tepi Barat, menjelang kunjungan presiden AS Joe Biden ke Israel. Kunjungan itu, yang dipratinjau untuk Juni, ditunda untuk Juli.

 

https://english.alaraby.co.uk/news/israeli-settlers-plan-largest-national-park-west-bank

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement