Rabu 18 May 2022 04:45 WIB

Pusat Islam Slovenia Digadang Sebagai Simbol Islam di Eropa

Pusat Islam Slovenia merupakan salah satu pusat Islam paling indah di Eropa.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Pusat Islam Slovenia di Ljubljana, Slovenia. Pusat Islam Slovenia Digadang Sebagai Simbol Islam di Eropa
Foto:

Dalam dimensi sosialnya, pusat tersebut mewakili jembatan beradab dan budaya untuk perkenalan dan pemulihan hubungan antara semua spektrum masyarakat Slovenia dan Eropa, model hidup saling menghormati, dialog, kerjasama dan persaudaraan di antara warga negara-negara Eropa, dan batu loncatan untuk koeksistensi yang lebih damai dinikmati oleh generasi. 

Imam mengatakan sejarah masjid kembali lebih dari 50 tahun, tapi itu adalah sebuah masjid kecil untuk sholat. Qatar ingin melakukan sesuatu untuk Muslim di Slovenia, sehingga menyumbangkan hampir 28 juta euro untuk mendirikan bangunan besar ini, yang perannya tidak tidak berhenti melayani Islam dan Muslim di Slovenia saja, tetapi di sejumlah negara Eropa.

Dia menambahkan sumbangan Qatar mengubah masjid menjadi landmark Islam yang menyediakan banyak layanan pendidikan, rekreasi dan akademik bagi umat Islam yang tinggal di Slovenia. Di masa lalu, jumlah jamaah di masjid tidak melebihi 200 orang, tapi sekarang jumlah jamaah sholat Idul Fitri telah mencapai hampir 5.000 orang. 

Pusat tersebut membuka semua layanannya untuk umat Islam pada awal 2020, dan terlepas dari keadaan dan prosedur yang diberlakukan karena Covid-19, dia terkejut dengan banyaknya jumlah yang datang di setiap sholat, terutama sholat Jumat, yang berarti pusat mempengaruhi kehidupan umat Islam dan membuat mereka lebih baik. 

Dia berterima kasih kepada Yang Mulia Amir dan Qatar karena mendukung masjid, menyoroti itu mengubah kehidupan banyak Muslim di negara itu. Dia menambahkan masjid menampung lebih dari seribu orang di dalamnya, sementara itu menampung lebih dari 3.000 orang lainnya di halamannya yang dirancang dengan indah, dan juga menyediakan ruang sholat untuk wanita. 

Jumlah Muslim di Slovenia adalah sekitar 88 ribu yang merupakan sekitar 3 persen dari total populasi negara. Populasi Muslim di Slovenia sebagian besar terdiri dari Bosnia (yang merupakan 73,64 persen dari Muslim Slovenia), dan Albania (yang merupakan 11,03 perse. dari Muslim negara itu). Dengan persentase kecil dari etnis Slovenia, Roma, Makedonia dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement