Senin 25 Apr 2022 03:15 WIB

Dorong Inovasi, Ketum ICMI Ingatkan Makna Al-Badi dalam Asmaul Husna

Umat Muslim memiliki dorongan yang besar untuk terus bergerak membuat lompatan besar.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Arif Satria memberikan sambutan dalam acara Pengukuhan Majelis Pengurus Pusat ICMI Periode 2021-2026 dan Rapat Kerja Nasional ICMI di IPB International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/1/2022). Acara yang dilaksanakan secara daring dan luring tersebut mengusung tema Transformasi ICMI Menuju Indonesia Emas 2045.Prayogi/Republika
Foto:

Arif pun mencontohkan perguruan tinggi swasta yang kini sukses. Beberapa di antaranya perguruan tinggi yang dulunya adalah kursus komputer. Misalnya Universitas Gunadarma, BINUS, dan Amikom.

"Sekarang mereka tumbuh cepat sekali luar biasa, karena mereka punya mimpi yang besar. Sekarang bisa mengalahkan perguruan tinggi swasta lain yang sudah lama, bahkan mereka sudah mengalahkan (universitas) negeri. Ini karena punya mimpi dan mindset masa depan," paparnya.

Arif juga mengingatkan, faktor kesuksesan pertama adalah kejujuran. Karena itu, bila masyarakat memiliki sifat jujur dan berintegritas, tentu Indonesia ini akan menjadi bangsa yang besar. Dia menekankan, untuk memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan pola pikir, pondasi utamanya ialah karakter.

"Karena kejujuran itu yang nomor satu. Kesalehan individual itu harus kita transformasikan ke dalam kesalehan institusional, tidak sekadar kesalehan sosial. Sistem kesalehan institusional harus diciptakan dan ini tugas kita bersama dengan memulai langkah optimis dan kita bisa melakukan lompatan-lompatan teknologi," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement