Selasa 05 Apr 2022 09:13 WIB

 Saudi Operasikan Alat Penyedot Debu Canggih untuk Bersihkan Ka'bah

Alat canggih ini dapat membersihkan dalam waktu sekitar 20 menit.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Lima robot penyedot debu membersihkan dan mensterilkan atas Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Senin (3/4/2022).
Foto: Saudi Gazette
Lima robot penyedot debu membersihkan dan mensterilkan atas Kabah di Masjidil Haram, Makkah, Senin (3/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi baru-baru ini mengalokasikan lima alat penyedot debu pintar untuk membersihkan dan mendisinfeksi permukaan Ka'bah. Alat canggih ini dapat membersihkan dalam waktu sekitar 20 menit.

Dilansir dari Arab News, Senin (4/4/2022), Wakil Sekretaris Jenderal untuk Layanan, Urusan Lapangan dan Perlindungan Lingkungan mengumumkan modernisasi alat penyedot pintar ini untuk mendisinfeksi permukaan Ka'bah. Ini beroperasi baik secara manual dan bisa melalui aplikasi, menggunakan teknik pembersihan terbaru.

Baca Juga

Wakil sekretaris jenderal untuk layanan dan urusan lapangan di masjid suci, Mohammed Al-Jabri mengatakan, alat ini menjadi inovasi terbaru di situs suci Umat Islam. "Vacuum pintar membutuhkan waktu hingga empat jam untuk mengisi daya dan baterainya bertahan selama tiga jam terus menerus," katanya. 

Dia menambahkan, alat penyedot pintar mencakup area seluas 180 meter persegi dalam tiga jam. Itu juga dilengkapi dengan penyedot debu hibrida dan pel yang berjalan pada teknologi pemetaan kecerdasan buatan.

“Perangkat dan teknologi modern ini bertujuan untuk menjaga kualitas marmer, menghilangkan kotoran dan menyucikan Ka'bah pada khususnya dan Masjidil Haram pada umumnya, "katanya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement