Ahad 03 Apr 2022 22:15 WIB

 Empat Penyebab Lahirnya Islamofobia

Ada empat faktor pemicu lahirnya Islamofobia.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Presiden Nusantara Foundation Imam Shamsi Ali.
Foto:

Imam Shamsi mengatakan, faktor ketiga penyebab Islamophobia adalah adanya konstelasi politik. Pertarungan global ini ikut andil menjadi faktor besar yang melatar belakangi hadirnya Islamophobia.

Menurutnya, umat Islam juga masih terjebak dalam kesalahan penempatan agama dan politik. "Seharusnya agama menjadi inspirasi, bukan malah dijadikan kendaraan politik," jelasnya.

Ia menambahkan, faktor keempat, umat Islam itu sendiri. Menurutnya tidak berlebihan jika mengatakan lebih dari 60 persen Islamophobia terjadi karena faktor umatnya. Hal ini dikarenakan umat Islam masih belum berhasil mengemban amanah ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin, sehingga akhirnya menimbulkan ketakutan pada umat lain.

"Jika ingin merubah Islamophobia mari kita lakukan perubahan. Kalau Islam mampu kita tampilkan secara baik, maka akan menjadi kekuatan dahsyat, merubah mindset manusia tentang Islam. Perlunya menata diri kembali bahwa kita sedang menyeleweng dari ajaran Islam yang sesungguhnya yaitu menjadi ummatan wasathan," jelas Imam Shamsi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement