Selasa 29 Mar 2022 12:12 WIB

Kemenag Gandeng DPAD se-Indonesia Soal Kepustakaan Islam

Sistem literasi digital ini perlu diperkaya fitur-fitur yang sifatnya layanan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Pengunjung membaca kitab kuno bertema Islam di perpustakaan Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo, Solo, Jawa Tengah, Jumat (16/4/2021). Perpustakaan yang berisi koleksi naskah kuno, kitab kuning dan buku-buku bertema Islam tersebut menjadi salah satu daya tarik pengunjung di Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat saat Bulan Ramadhan.
Foto:

Alkholis mengatakan, untuk mengejar target tersebut, Direktorat Urais Kemenag memiliki cara, yaitu dengan memberikan contoh draf kerjasama yang disebarkan kepada Kantor Wilayah Kemenag di seluruh Indonesia. Cara ini, menurutnya, bisa mengurangi beban waktu yang tersisa sembilan bulan pada tahun 2022.

"Kita memberikan contoh draf kerjasama dengan DPAD kepada Kantor WIlayah Kemenag seluruh provinsi. Jadi tugas mereka adalah melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan DPAD terkait teknis pelaksanaan penandatanganan kerjasama. Kita memang menargetkan untuk seluruh Indonesia bisa dilakukan kerjasama," ujarnya.

Dalam waktu dekat ini, Alkholis mengungkapkan, Ditjen Bimas Islam Kemenag akan melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Rencananya penandatanganan kerjasama akan dilakukan oleh Dirjen Bimas Islam dan Kepala Perpusnas dalam tempo satu hingga dua pekan ke depan.

"Langkah ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan literasi khazanah keagamaan," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement