Ahad 27 Mar 2022 05:35 WIB

Rizwan Wadan, Perangi Islamofobia Melalui Film

Rizwan Wadan mendorong umat Islam untuk terlibat dalam industri kreatif.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Rizwan Wadan, Produser Film Muslim.
Foto:

Ia percaya, narasi negatif umat Islam yang dimainkan di media arus utama membakar kebencian di dalam komunitas. Itulah sebabnya ia mendorong umat Islam untuk terlibat dalam industri kreatif.

Baginya, bukan tanggung jawab media untuk mengubah narasi. Umat Muslim perlu memupuk lebih banyak bakat dalam bidang kreatif ini.

"Ini tentang Muslim memberdayakan diri sendiri, untuk dapat menceritakan kisah-kisah ini. Seperti memiliki lebih banyak jurnalis, lebih banyak penulis, pembuat film yang menceritakan kisah mereka sendiri dan memelihara bakat dari latar belakang minoritas," ucapnya.

Film kampanyenya miliknya ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Tak hanya itu, karyanya berhasil sebagai finalis di Festival Film Triforce Institut Film Inggris.

Sebagai seorang Muslim yang taat, Rizwan mengatakan  dia memuji Allah SWT terlebih dahulu dan kemudian semua orang di industri yang membantu mewujudkan proyeknya.

Dia tetap tabah melanjutkan pekerjaannya dan telah bermitra dengan universitas terkemuka di Inggris, untuk melakukan penelitian melalui pengalamannya yang terdokumentasi, berbicara dengan orang-orang dari semua lapisan masyarakat tentang pandangan mereka terhadap Muslim dan Islam.

"Saya pikir perlu ada upaya yang lebih konsisten dalam representasi (Muslim) dalam film. Citra kami dan bagaimana kami digambarkan di media memiliki dampak negatif pada hubungan masyarakat," kata dia. 

 

Ia juga berpikir publik perlu lebih menyadari kontribusi Muslim kepada masyarakat. Saat ini, sudah waktunya orang melihat kebaikan yang dilakukan umat Muslim di dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement