Ahad 06 Mar 2022 18:30 WIB

Pemuda Muhammadiyah Masih Fokus Mendidik Kader

Konsolidasi diminta diperkuat di seluruh jaringan Pemuda Muhammadiyah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
 Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022, Sunanto atau  akrab disapa Cak Nanto. Pemuda Muhammadiyah Masih Fokus Mendidik Kader
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022, Sunanto atau akrab disapa Cak Nanto. Pemuda Muhammadiyah Masih Fokus Mendidik Kader

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto atau yang akrab disapa Cak Nanto berpesan agar penguatan konsolidasi, kebersamaan, dan komunikasi berjalan di seluruh jaringan Pemuda Muhammadiyah se-Indonesia. Program pemetaan potensi kader harus diikuti dengan mendidik kader sebagai negarawan muda yang siap melakukan tajdid dalam diaspora kiprah keumatan dan kebangsaan.

"Karena itu mohon Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah percepat program kaderisasi dan kemandirian. Tanpa itu semua kita akan kehilangan ruang dan waktu mengejar ketertinggalan," kata Cak Nanto melalui pesan tertulis yang diterima Republika, Ahad (6/3/2022).

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Tanwir II Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah di Jambi resmi ditutup pada Ahad (6/3/2022). Tanwir II di Jambi menghasilkan sejumlah keputusan penting seperti konsepsi Pemuda Negarawan, Khittah Jambi, hingga keputusan AD/ART terkait Muktamar ke-18 Pemuda Muhammadiyah mendatang.

"Hasil Tanwir ini tidak untuk Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, tapi untuk kita, seluruh kader se-Indonesia. Dukung dan kuatkan semua, mari kita bergandengan tangan karena kita harus bekerja keras mendistribusikan seluruh potensi kader," ujar Cak Nanto.

Cak Nanto menambahkan, terkait Khittah Jambi, terdapat lima poin yang menjadi garis besar perjuangan Pemuda Muhammadiyah. Lima poin tersebut di antaranya, pertama, memiliki kapasitas dan integritas untuk mengajarkan dan mengamalkan Islam yang wasathiyah.

Kedua, memiliki pandangan nasionalis religius dan menjadi garda terdepan dalam mengawal kepentingan bangsa dan negara serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika. Ketiga, mengedepankan nilai etika politik kenegaraan yang menjadi ciri khas Persyarikatan Muhammadiyah.

"Keempat, tanggung jawab dalam meraih dan mengawal kekuasaan demi kesejahteraan masyarakat, dan kelima, berperan aktif menyuarakan isu-isu internasional," kata Cak Nanto.

Ketua Pelaksana Tanwir II Pemuda Muhammadiyah, Rocky Candra, mengatakan, Alhamdulillah acara Tanwir Pemuda Muhammadiyah yang diselenggarakan di Provinsi Jambi ini berjalan dengan lancar, dan menghasilkan banyak sekali rekomendasi-rekomendasi untuk gerakan Pemuda Muhammadiyah kedepannya.

"Saya selaku tuan rumah dari Jambi mengucapkan terimakasih kepada pimpinan yang sudah menunjuk Jambi sebagai tuan rumah," kata Rocky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement