Senin 28 Feb 2022 12:23 WIB

Kerjasama dengan DMI, Kemenag Beri Pelatihan Akustik Masjid

Penguatan akustik ini bukan hanya sekadar menggunakan sound system yang canggih.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Pelatihan akustik masjid yang digelar DMI.
Foto:

Penguatan Peran Masjid Tak Sekadar Pengeras Suara

Sebenarnya masalah pengeras suara hanya sebagian kecil dari pengaturan peran masjid. Kemenag juga andil dalam penguatan peran masjid di berbagai hal.

Karena Adib berharap masjid sebagai tempat ibadah juga dapat menjadi tempat syiar Islam yang toleran dan menyejukkan. Masjid tidak hanya sebagau pusat ibadah, tetapi juga pemberdayaan masyarakat, ekonomi dan sosial. 

Kemenag memiliki program dalam penyelesaian masalaah kebencanaan. Masjid dan musala menjadi tempat untuk perkuat ketahanan masyarakat dalam kebencanaan seperti Covid-19.  Salah satunya menyampaikan edukasi Prokes dan vaksinasi. 

Adib yang pernah menjabat sebagai  Kakanwil Jabar ini menjelaskan banyak halaman masjid yang dimanfaatkan untuk tempat vaksinasi. "Banyak masjid besar di masjid dengan halaman dan parkir yang luas sehingga dapat dimanfaatkan untuk lokasi vaksinasi bekerja sama dengan TNI Polri,"ujar dia. 

Selain itu Kemenag juga berencana untuk memberikan pelatihan takmir masjid untuk mengantisipasi bencana seperri banjir, gempa, dan longsor. Tentu kerja ini perlu sinergi dengan berbagai pihak salah satunya adalah DMI.

 

Di bidang ekonomi, nantinya penguatan peran masjid akan bergerak di bidang koperasi. Kemenag akan mengupayakan agar ada koperasi berbasis masjid yang tersebar di seluruh wilayah.n 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement