Rabu 23 Feb 2022 14:55 WIB

Forum Ulama Internasional Bahas Konsep dan Implementasi Moderasi Beragama

Ada lima implementasi dari pertemuan Forum Ulama Internasional.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Marsudi Syuhud.
Foto:

Dalam forum ini berhasil menyepakati implementasi moderasi beragama dalam upaya mencegah konflik dan membangun harmoni. Hasil kesepakatan mereka tersebut dirumuskan dalam bentuk pernyataan sikap yang dibacakan dalam tiga Bahasa, Indonesia, Ukrania, dan Arab.

Implementasi moderasi beragama dalam pernyataan tersebut dimanifestasikan dalam lima poin.

Pertama, moderasi beragama adalah pemahaman dan pengamalan agama yang  menghindari konflik dan  mengedepankan semangat persaudaraan dan kesatuan kemanusiaan. 

Kedua, moderasi beragama  senantiasa menggerakkan seluruh elemen masyarakat umumnya dan khususnya para pemimpin Negara di dunia, untuk menjunjung tinggi dan menghormati nilai-nilai keadilan, persatuan, kesatuan, dan kemanusiaan dalam berbagai aktifitas politik, keagamaan, ekonomi, social dan budaya.

Ketiga, para ulama, da’i, dan tokoh agama yang menjadi  penggerak moderasi agama hendaknya selalu  menyampaikan dan menyebarluaskan pesan Islam yang membawa rahmat bagi semesta alam (Islam rahmatan lil alamin) dan menghormati keanekaragaman budaya, bahasa dan adat istiadat yang tumbuh di tengah kehidupan berbangsa bernegara yang tidak bertentangan dengan esensi ajaran agama yang bersifat universal.

 Adapun implementasi moderasi yang ke empat adalah mengedepankan  upaya-upaya dialogis dan musyawarah yang berlandaskan nilai-nilai keadilan, toleransi, kemanusiaan, dan anti kekerasan dalam menyelesaikan segala bentuk konflik dan persengketaan baik social, keagamaan, ekonomi, ataupun politik.

Kelima, upaya untuk menghidupkan spirit Islam sebagai inspirasi peradaban, untuk membangun kedamaian, kemajuan, kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran umat manusia. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement