Rabu 09 Feb 2022 03:33 WIB

Masjid di Illinois AS Siap Tampung Gelombang Pengungsi Afghanistan

Masjid-Masjid di Illinois AS siap menampung gelombang pengungsi Afghanistan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid di Amerika Serkat
Foto: Google.com
Masjid di Amerika Serkat

REPUBLIKA.CO.ID, ILLINOIS -- Ruang kelas yang tidak aktif sejak awal pandemi di Masjid Rahmah Great America Islamic Center di Lake Villa, Illinois, AS, akan segera menjadi tempat penampungan sementara bagi keluarga pengungsi. Tempat ini berada di antara beberapa masjid pinggiran kota yang bersiap untuk menampung gelombang baru pengungsi Afghanistan yang diperkirakan akan tiba kapan saja.

Masjid-masjid di Des Plaines, Libertyville, Naperville dan Villa Park termasuk di antara mereka yang bersiap menyambut kedatangan mereka sebagai bagian dari upaya terkoordinasi melalui Dewan Organisasi Islam Chicago Raya (CIOGC).

Baca Juga

Ketua CIOGC, Irshad Khan melihat ke salah satu dari banyak kamar di Masjid Rahmah Great America Islamic Center di Lake Villa yang akan diubah menjadi ruang hidup bagi pengungsi Afghanistan yang masuk. "Ini adalah gelombang berikutnya yang kami antisipasi. Sebagian besar keluarga dan individu itu berbasis di lima pangkalan militer secara nasional (Indiana, New Jersey, Texas, Virginia, dan Wisconsin)," kata dia seperti dilansir Daily Herald, Selasa (8/2).

Anggota satuan tugas pada Pusat Sumber Daya Wanita Muslim di Rogers Park Chicago, Layanan Keluarga Arab Amerika di Worth, Yayasan Zakat Amerika yang berbasis di Bridgeview, dan CIOGC, telah berkomitmen untuk merawat masing-masing 100 pengungsi Afghanistan.

Sekitar September lalu, CIOGC membantu mendukung dan memukimkan kembali 79 anak di bawah umur Afghanistan tanpa pendamping yang sejak itu ditempatkan bersama kerabat dan keluarga asuh, sebagian besar di negara bagian lain. Ini memberikan penerjemah bahasa Pashto dan Dari dan pelatihan kompetensi budaya kepada organisasi yang mendukung anak di bawah umur selama masa transisi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement