Senin 24 Jan 2022 19:47 WIB

Tren TikTok Nyeleneh di Malaysia: Unboxing Pengantin Wanita di Malam Pertama

Tren ini dinilai bertentangan dengan ajaran Islam dan mengundang fitnah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Tren TikTok Nyeleneh di Malaysia: Unboxing Pengantin Wanita di Malam Pertama
Foto:

“Anda berbagi (hal) berlebihan, dan saya tidak akan melakukannya,” kata Ili (32 tahun).

Salah satu video Tiktok menampilkan sosok pengantin baru yang menghadap cermin di malam pertama mereka. Lalu, pengantin pria melepas mahkota atau aksesoris dari kepala istrinya. Video tersebut mendapatkan 70 ribu like.

“Mereka tidak menyadari bagaimana konten seperti ini bisa berbalik dan 'menggigit' mereka. Tentu saja kita hidup di dunia yang bebas, tapi bagaimana perasaan orang tua dan mertua jika melihat video tersebut? Bisakah Anda bayangkan betapa canggungnya makan malam keluarga nantinya?” tanya lli.

Salah satu pengguna Twitter, @IamAjak mengimbau pasangan lain untuk tidak mengikuti tren itu. “Hormati martabat dan harga diri masing-masing,” katanya.

Para ahli menilai, tren kontroversial ini adalah dampak dari nilai-nilai yang telah berubah di dunia modern. Associate Professor Awang Azman Awang Pawi dari Departemen Sosiokultural Universitas Malaya mengatakan media sosial telah menyebabkan era individu yang mendambakan perhatian dan mencari 'like' dengan banyak pengguna tidak menyadari bahwa tindakan mereka dianggap bertentangan dengan ajaran Islam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement