Senin 24 Jan 2022 19:19 WIB

Kemenag Optimistis Indonesia Bebas Buta Aksara Alquran Tercapai

Kemenag terus berupaya meningkatkan literasi umat dalam baca tulis Alquran.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kementerian Agama
Foto:

Dia juga menegaskan, upaya pengetasan buta baca tulis Alquran telah dan akan terus dilakukan, baik melalui program formal maupun informal. Secara formal, pembinaan dilakukan melalui lembaga pendidikan seperti madrasah, sekolah maupun pesantren. Sedangkan informal, biasanya mengandalkan kerjasama organisasi masyarakat Islam, lembaga tahfidz, dan organisasi kemasyarakatan.

”Sasarannya semua umat Islam yang belum bisa baca alquran. Target kita tentu semua umat Islam harus bisa baca Alquran,” kata dia.

 

Sebelumnya, Ketua Umum Yayasan Indonesia Mengaji Komjen Pol (Purn) Syafruddin menargetkan, tahun 2027, Indonesia bebas buta aksara Alquran. Syafruddin menegaskan, saat ini pihaknya tengah berjuang untuk mencapai pengentasan buta aksara Alquran. "Kita targetkan lima tahun bisa zero buta aksara Alquran," tutur Syafruddin saat pembukaan Rapimnas Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) 2022 di Gedung A WIsma Atlet Jakabaring Sport City, Palembang, dalam keterangan, Ahad (23/1/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement