Senin 24 Jan 2022 19:01 WIB

Kemenag Tingkatkan Literasi Keagamaan di Masjid

Program ini diharapkan bisa meningkatkan literasi di kalangan umat Islam.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto:

Kendati demikian, menurut dia, Bimas Islam juga menyediakan perpustakaan digital untuk masjid. Perpustakaan digital ini diharapkan bisa membantu para aktivis masjid dan umat Islam pada umumnya untuk mengakses buku-buku yang dibutuhkan.

“Kami Bimas Islam memiliki perpustakaan digital untuk masjid. Jadi, ada perpustakaan masjid yang bisa diakses oleh masyarakat kita,” ucap Kamaruddin. 

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga berencana untuk melakukan MoU dengan Perpustakaan Nasional untuk bisa membantu perpustakaan di masjid-masjid yang belum mendapatkan bantuan tersebut.

“Di daerah, Kanwil Kemenag juga akan membuat MoU dengan kepala Dinas Perpusda untuk nanti bisa membantu masjid-masjid yang ada di daerah masing-masing agar memiliki perpustakaan itu,”  kata dia.

Dia menambahkan, bantuan kepustakaan bagi 38 Masjid baru berjalan dua atau tiga tahun terakhir ini. Dia berharap, Kemenag kedepannya memiliki anggaran yang cukup untuk diberikan kepada seluruh masjid di Indonesia.

“Harapan kita agar perpustakaan masjid ini bisa menjadi tempat yang dapat mencerahkan masyarakat, bisa menjadi rujukan, bisa menjadi referensi, bisa memberikan akses kepada masyarakat,” jelas Kamaruddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement