Ahad 09 Jan 2022 06:31 WIB

Beberapa Catatan tentang Media Cetak Muhammadiyah di Era 1930-an

Beberapa cabang dan grup (ranting) Muhammadiyah juga menerbitkan media cetak.

Beberapa Catatan tentang Media Cetak Muhammadiyah di Era 1930-an. Iklan pemuatan ucapan halal bihalal di majalah Suara Muhammadiyah pada 1926.
Foto:

Cabang dan ranting Muhammadiyah lainnya juga didorong untuk punya publikasinya masing-masing. Mereka boleh memilih namanya sendiri.

Yang tidak diizinkan adalah menggunakan nama ‘Soeara Moehammadijah’ karena nama ini sudah ditetapkan sebagai organ resmi Muhammadiyah Hindia Timur. Cabang dan ranting juga dibebaskan untuk memilih bahasa yang akan dipakai, sebuah keputusan Muhammadiyah pusat yang mencerminkan pengakuannya pada keberagaman bahasa di Hindia Belanda serta akan membuka jalan lebih lanjut bagi penyebaran Muhammadiyah di level lokal.

Bagi yang sudah terbit diharapkan agar segera memberitahukannya kepada Soeara Moehammadijah, agar nanti dapat diinfokan pula ke seluruh warga Muhammadiyah se-Hindia Belanda. Soeara Moehammadijah, dengan demikian, menjadi pusat dari jaringan kegiatan literasi Muhammadiyah di tahun 1930an.

Bahkan, dalam Kongres ke XX (1931) ada amanat untuk mempublikasikan sebuah surat kabar khusus yang berisi informasi yang berkenaan dengan dunia pendidikan, khususnya sekolah Muhammadiyah. Demikian juga dengan Kongres ke XIX (Minangkabau, 1930), yang mengamanatkan agar warga Muhammadiyah menerbitkan suatu dagblad (surat kabar harian) oleh warga Muhammadiyah di luar organisasi.

Ini adalah cara untuk membentuk sebuah pers umum yang dikelola oleh warga Muhammadiyah, yang pada hakikatnya mencerminkan aspirasi Muhammadiyah untuk membingkai opini publik di tengah masyarakat Hindia Belanda, dan tidak lagi hanya di antara warga Muhammadiyah semata.

Rencana di atas dikuatkan dengan keputusan di Kongres ke XXI (Makassar, 1932). HB Muhammadiyah dan Muhammadiyah cabang Surakarta diserahi tanggung jawab untuk mewujudkannya.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement