Selasa 04 Jan 2022 16:26 WIB

India Selidiki Situs Tawarkan Wanita Muslim untuk Dijual

Dalam beberapa tahun terakhir, laporan kejahatan kebencian anti-Muslim meningkat.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
India Selidiki Situs Tawarkan Wanita Muslim untuk Dijual. Bendera India (Ilustrasi).
Foto:

Ini bukan pertama kalinya wanita Muslim di India menghadapi pelecehan online semacam ini. Pada Juli lalu, foto lebih dari 80 wanita Muslim termasuk warga sipil, penulis, dan influencer diposting di aplikasi tiruan yang disebut Sulli Deals, istilah yang menghina wanita Muslim yang biasanya digunakan oleh pria Hindu sayap kanan. Pengguna ditawari kesempatan untuk membeli wanita seperti komoditas dalam lelang di situs, yang juga dihosting di GitHub.

Pada saat itu, wanita Muslim mengatakan kepada CNN bahwa pelecehan online yang mereka hadapi adalah indikasi suasana hati terhadap Muslim di India sejak BJP nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa pada 2014.

Dalam beberapa tahun terakhir, laporan kejahatan kebencian anti-Muslim telah meningkat, dan beberapa negara bagian yang diperintah BJP telah mengeluarkan undang-undang yang menurut para kritikus telah berkontribusi pada peningkatan polarisasi agama.

Akhir pekan ini, seorang pengguna Twitter Hiba Bég mengatakan foto-fotonya digunakan dalam kedua kasus tersebut. "Saya telah menyensor diri saya sendiri, saya hampir tidak berbicara di sini lagi, tetapi tetap saja, saya dijual secara online, saya dibuat 'kesepakatan'," tweetnya.

"Berapa banyak transaksi online yang diperlukan bagi kita untuk bertindak?" tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement