Kamis 23 Dec 2021 06:49 WIB

Muktamar NU Bahas Operasi Penyesuaian Kelamin Pasien Interseks

Banyak kasus interseks diketahui ketika penderita menginjak remaja atau dewasa.

Rep: Muhyiddin/Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Muktamar NU Bahas Operasi Penyesuaian Kelamin Pasien Interseks. Sejumlah peserta muktamar (muktamirin) antre memasuki ruang sidang pleno saat Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 di UIN Raden Intan, Bandar Lampung, Rabu (22/12/2021). Muktamar NU ke-34 mengusung tema Satu Abad NU: Kemandirian dalam Berkhidmat untuk Peradaban Dunia.
Foto:

Sistem pemilihan AHWA diterapkan dengan harapan dapat memperkuat kembali supremasi Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pada malam harinya dilanjutkan pengesahan Rais Aam PBNU dan puncaknya, yakni pemilihan dan penetapan Ketua Umum PBNU periode 2021-2026 di Ponpes Darussa'adah. Adapun pada Jumat pagi akan dilakukan penutupan Muktamar ke-34 NU oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti memuji pelaksanaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) yang berlokasi di Lampung. Dia sendiri secara langsung menghadiri pembukaan Muktamar NU yang berlangsung di Ponpes Darussa'adah, Gunungsugih, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Rabu (22/12). 

"Alhamdulillah saya hadir langsung di pembukaan dan tempat pelaksanaan Muktamar NU. Saya melihat suasana di arena Muktamar sangat tertib dan penuh kesederhanaan," tutur dia kepada Republika.co.id, Rabu (22/12).

Menurut Mu'ti, melalui Muktamar kali ini, NU selain mencerminkan karakter santri dan budaya pesantren, juga menunjukkan kepedulian NU terhadap situasi bangsa Indonesia yang masih dalam situasi keprihatinan karena pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan pelaksanaan Muktamar yang bernuansa sederhana. 

Mu'ti juga berharap seluruh agenda yang menjadi rangkaian Muktamar NU ini berjalan dengan lancar dan tertib. "Semoga seluruh proses persidangan dan pemungutan suara berlangsung lancar, tertib, penuh persaudaraan, dan menghasilkan keputusan dan kepemimpinan yang terbaik bagi NU," ungkap dia. 

Dalam kesempatan itu, Mu'ti juga menyampaikan harapannya terhadap ketua umum PBNU terpilih nanti. "Siapapun yang terpilih, saya berharap dapat memperkuat silaturahim dan kerja sama dengan ormas Islam pada khususnya, dan juga ormas keagamaan lainnya," kata dia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement