Senin 20 Dec 2021 06:29 WIB

Masjid Sumbar Masuk 7 Masjid dengan Desain Terbaik di Dunia

Masjid Raya Sumatra Barat di Indonesia masuk kategori 7 desain masjid terbaik.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Andi Nur Aminah
Salah satu sudut bangunan Masjid Raya Sumatra Barat (ilustrasi)
Foto: dok Republika
Salah satu sudut bangunan Masjid Raya Sumatra Barat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Tujuh masjid di tujuh negara dinobatkan sebagai masjid dengan desain arsitektur terbaik di dunia. Salah satu masjid dengan desain terbaik itu ada di Indonesia. 

Seperti dilansir iqna.ir pada Senin (20/12), Penghargaan Abdullatif Al-Fozan untuk Arsitektur Masjid mengumumkan pemenang kompetisi internasional ketiga dalam sebuah upacara di Madinah, Arab Saudi.

Baca Juga

Tujuh masjid di berbagai negara dinobatkan sebagai pemenang penghargaan tahun ini untuk desain arsitekturnya yang istimewa dan menarik. Sebanyak 201 masjid di 43 negara telah dinominasikan untuk penghargaan internasional, 27 di antaranya terpilih dan akhirnya tujuh diumumkan sebagai pemenang utama.

Penghargaan Abdullatif Al Fozan untuk Arsitektur Masjid membahas ide-ide baru untuk desain masjid di seluruh dunia dan mendorong inovasi dalam perencanaan, desain, dan teknologi yang dapat membentuk identitas arsitektur masjid di abad kedua puluh satu. Masjid calon tahun ini dikategorikan ke dalam empat kategori yakni masjid pusat, masjid Jami', masjid lokal dan masjid komunitas. Moto dari penghargaan tahun ini adalah “Arsitektur Masjid di 21st Century”.

 

Tujuh pemenang edisi ketiga masjid dengan desain arsitektur terbaik adalah Masjid Raja Abdullah di Riyadh, Masjid Basuna yang terletak di desa Basuna di Sohag Mesir, Masjid Al-Ahmar di Bangladesh. Masjid Raya Sumatra Barat di Indonesia, Masjid Sancaklar yang terletak di Buyukcekmece, lingkungan pinggiran kota di pinggiran Istanbul, Turki, Masjid Amir Shakib Arslan di Lebanon, dan Masjid Agung Djenne di Mali. Sultan bin Salman bin Abdulaziz, penasihat raja Saudi dan anggota dewan pengawas penghargaan menggarisbawahi pentingnya memperhatikan masjid dan arsitekturnya serta peran mereka dalam pembangunan di komunitas lokal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement