Sabtu 11 Dec 2021 05:00 WIB

Forum Zakat Kumpulkan Praktik Zakat Terkait SDGs

Sakat mampu mengubah perilaku manusia yang rendah menjadi mulia.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Zakat. Sakat mampu mengubah perilaku manusia yang rendah menjadi mulia.
Foto:

Secara bersamaan LAZ Harfa juga melakukan pengembangan pemberdayaan ekonomi mereka. Buku ini merangkum model program yang berkesinambungan, dan mampu diarahkan untuk tujuan mengelola masyarakat yang miskin menjadi berdaya.

Kementrian PPN/Bappenas melalui Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penannggulangan Kemiskinan sekaligus Kepala Sekretariat Nasional SDGs Vivi Yulaswati turut mengapresiasi buku ini. Menurutnya, Forum Zakat telah aktif mendorong anggotanya untuk ikut mendukung agenda pembangunan nasional Republik Indonesia.

Salah satunya dengan mengintegrasikan program OPZ dengan rencana aksi nasional Republik Indonesia. Serta melakukan berbagai peningkatan kompetensi amil zakat agar mampu menciptakan program yang berorientasi pada pengentasan kemiskinan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Vivi mengapresiasi penerbitan Buku Series Praktik Baik Zakat on SDGs yang dilakukan oleh Forum Zakat. Forum Zakat ke depannya akan memproduksi lebih banyak buku panduan untuk setiap goal dari 17 goal SDGs yang memotret praktik baik dari program-program yang dilakukan oleh organisasi pengelola zakat anggota Forum Zakat.

Sebagai informasi, sejak awal tahun 2021 Forum Zakat telah melakukan pemetaan awal kontribusi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota FOZ pada pilar-pilar SDGs. Berdasarkan pemetaan awal tersebut, teridentifikasi 59 OPZ berkontribusi pada Pilar Pembangunan Sosial, 43 OPZ berkontribusi pada Pilar Pembangunan Ekonomi, 45 OPZ berkontribusi pada Pilar Pembangunan Lingkungan, dan 7 OPZ berkontribusi pada Pilar Pembangunan Hukum.

Kontribusi OPZ pada pilar-pilar SDGs tidak semata-mata hanya memobilisasi keuangan. Lebih daripada itu, Zakat memiliki filosofi dasar yang bertujuan untuk mewujudkan pembangunan yang bertanggung jawab secara sosial, serta untuk mempromosikan perdamaian, pembangunan, dan toleransi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement