Jumat 08 Dec 2023 16:50 WIB

Literasi Zakat Terhadap Mahasiswa Dorong Penguatan SDM Jelang Indonesia Emas 2045

Peran lembaga zakat sangat penting dalam mendorong kesejahteraan umat.

Pada Zakat goes to Campus ke-9 di Universitas Lambung Mangkurat, Forum Zakat menyoroti pentingnya aktivitas literasi zakat yang masif terhadap generasi milenial dan gen Z.
Foto: Forum Zakat
Pada Zakat goes to Campus ke-9 di Universitas Lambung Mangkurat, Forum Zakat menyoroti pentingnya aktivitas literasi zakat yang masif terhadap generasi milenial dan gen Z.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Pada Zakat goes to Campus ke-9 di Universitas Lambung Mangkurat, Forum Zakat menyoroti pentingnya aktivitas literasi zakat yang masif terhadap generasi milenial dan gen Z. Ini dilakukan agar dapat mendorong penguatan SDM menjelang tahun emas 2045.

"Generasi milenial dan Gen Z merupakan kelompok produktif dan dominan dalam struktur demograsi, dan tentu memiliki potensi besar untuk memainkan peran yang signifikan dalam perkembangan dan optimalisasi pengelolaan zakat,” kata pengurus Forum Zakat Nasional Barman Wahidatan, seperti dalam siaran pers (8/12/2023). 

Baca Juga

Generasi ini, lanjutnya, memiliki karakteristik yang unik terutama dalam inovasi, teknologi, dan kreativitas sehingga berpeluang membawa perubahan positif dalam tata kelola zakat menuju cita-cita pengentasan kemiskinan. “Kemudian pada konteks penguatan SDM menjelang Indonesia emas 2045, Gerakan Zakat sangat aktif memberikan dukungan lewat program-program beasiswa, pemagangan kampus zakat yang digagas FOZ, juga Zakat goes to Campus pada aspek literasi,” katanya. 

Senada, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Lambung Mangkurat, Dr Muhammad Rusmin Nuryadin Se. M.Si mengamini pentingnya sosialisasi zakat pada mahasiswa. “Mahasiswa juga bagian dari penerima manfaat zakat, di ULM sendiri dari 27 ribu mahasiswa, 7.000 di antaranya adalah penerima beasiswa dari dana zakat,” katanya. 

 

Gubernur Kalimantan Selatan, melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khotimah mengajak semua kalangan khususnya mahasiswa untuk melek terhadap zakat. “Kita harus sadari bahwa peran lembaga zakat sangat penting dalam mendorong kesejahteraan umat,” ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Redaksi Radar Banjarmasin, Eddy Hardiyanto menyebutkan masyarakat Kalimantan Selatan khususnya yang peduli terhadap masyarakat yang kekurangan. “Contohnya atas beberapa insiden tidak terduga seperti kebakaran, atau aksi galang dana di jalanan yang menunjukkan semangat berbagi,” jelasnya. Hal ini, kata dia, dapat juga dilakukan di sosial media, sesuai dengan trend yang ada di masyarakat.

Zakat goes to Campus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan berlangsung selama dua hari, 6-7 Desember 2023 dengan diawali Expo dan Pameran Lembaga Zakat di Kawasan kampus. Agenda ini juga turut dihadiri Bendahara Umum Forum Zakat Nasional-RM Suryanto Sarjodinigrat Se. ME, Ketua Baznas Provinsi Kalimantan Selatan-Drs Irhamsyah Safari, Dosen FEB Universitas Lambung Mangkurat-Dr Sri Maulida, SE.Sya, MEI, Ketua Forum Zakat Wilayah Kalimantan Selatan-Muhammad Luthfi Alfin, Kepala Bidang Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan- Ahmad Bugdadi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement