Kamis 09 Dec 2021 16:17 WIB

Cara Menjadikan Syukur Sebagai Kebiasaan Sehari-hari

Ada rasa syukur dalam mengenali berkah besar dan kecil.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Cara Menjadikan Syukur Sebagai Kebiasaan Sehari-hari
Foto:

Rasa syukur

Allah Maha Tinggi menempatkan rasa syukur di samping penyebutan-Nya seperti yang disebutkan di ayat di atas. Berapa banyak dari kita yang takut tak terlihat cukup baik dan takut akan kehilangan sesuatu yang kita cintai. Saat belajar untuk mempercayai Allah, Yang Maha Tinggi, dan rencana-Nya, Anda akan menemukan kebiasaan melawan rasa takut yang terus-menerus adalah rasa syukur.

Latih syukur

Dilansir di About Islam, Rabu (8/12), dengan latihan bersyukur setiap hari, Anda dapat melatih otak Anda hingga mulai menunjukkan informasi dan pengalaman positif yang kita temui. Selain itu, bersyukur sebagai keadaan pikiran akan membuat Anda tidur lebih nyenyak dan mengurangi kecemasan dan stres.

Untuk melatihnya, luangkan waktu lima menit sehari untuk menuliskan atau bahkan memikirkan lima hal yang Anda syukuri hari ini. Momen yang baik bisa terjadi sebelum Anda tidur.

Itu bisa menjadi berkat besar dalam hidup, seperti keluarga, bimbingan, atau kesehatan Anda. Tapi jangan lupakan berkat kecil setiap hari, seperti memiliki cokelat, secangkir teh, atau pesan yang dikirimkan teman kepada Anda. 

Selama Anda menemukan lima hal yang Anda syukuri setiap harinya, kemudian coba selama tiga hari dan Anda akan melihat perbedaannya. Selain mengakui nikmat kecil, jangan lupa beri hadiah sebagai rasa terima kasih untuk orang-orang, memperbanyak mengucapkan jazakallahu khayr untuk laki-laki atau jazakillahu khayr untuk perempuan yang artinya semoga Allah membalas dengan kebaikan. Ini lebih bermanfaat bagi kedua belah pihak daripada hanya mengatakan terima kasih. 

photo
Infografis Manfaat Sedekah - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement