Kamis 18 Nov 2021 15:36 WIB

Pesan-Pesan Prof Haedar di Milad Ke-109 Muhammadiyah 

Prof Haedar Nashir ajak kader ikhlas dalam ber-Muhammadiyah

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir memberikan pidato Milad ke-109 Muhammadiyah di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (18/11). Pada Milad Muhammadiyah kali ini mengangkat tema Muhammadiyah optimis hadapi pandemi dan komitmen menebar nilai utama. Resepsi ini juga dihadiri Presiden Joko Widodo secara daring. Peserta yang hadir juga sangat terbatas dan menggunakan protokol kesehatan Covid-19 ketat.
Foto:

Para pimpinan Persyarikatan dengan seluruh ortom, majelis, lembaga, pengurus wilayah Muhammadiyah sampai ranting serta amal usaha dan institusi lainnya harus terus gigih bekerja secara sungguh-sungguh dalam memajukan Muhammadiyah. Agar menjadi gerakan Islam yang makin besar, unggul, maju, dan jaya. 

Kiai Dahlan sering mengajarkan tentang semangat jihad dan sabar dalam berjuang di jalan Allah sebagaimana kutipan firman Allah SWT berikut: 

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنْكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ 

Artinya, "Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar." (QS Ali Imran 142). 

Kiai Dahlan juga dalam tujuh falsafahnya senantiasa mengajak umat dan warga persyarikatan agar berpikir cerdas berkualitas ulul albab dengan mengutip surat Az Zumar ayat 18. 

الَّذِينَ يَسْتَمِعُونَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُونَ أَحْسَنَهُ ۚ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ هَدَاهُمُ اللَّهُ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمْ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya, "Yang mengikuti perkataan lalu mengikuti yang paling baik dan benar, mereka itulah yang diberi petunjuk oleh Allah, dan mereka itulah ulul albab." (QS Az Zumar 18). 

Baca juga: Kian Dalami Islam, Mualaf Thenny Makin Yakin Kebenarannya

Prof Haedar mengatakan, semoga Allah SWt melimpahkan berkah, rahmat, ridha, dan karunia-Nya untuk seluruh penggerak misi dakwah dan tajdid Muhammadiyah. Di akhir pidato Milad ini patut direnungkan pesan kesaksian akhir Kiai Haji Ahmad Dahlan sebagai berikut: 

"Menjaga dan memelihara Muhammadiyah bukanlah suatu perkara yang mudah. Karena itu aku senantiasa berdoa setiap saat hingga saat-saat terakhir aku akan menghadap kepada Ilahi Rabbi. Aku juga berdoa berkat dan keridaan serta limpahan rahmat karunia Ilahi agar Muhammadiyah tetap maju dan bisa memberikan manfaat bagi seluruh umat manusia sepanjang sejarah dari zaman ke zaman. Karena itu, aku titipkan Muhammadiyah ini kepadamu sekalian dengan penuh harapan agar engkau sekalian mau memelihara dan menjaga Muhammadiyah itu dengan sepenuh hati agar Muhammadiyah bisa terus berkembang selamanya." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement