Senin 01 Nov 2021 12:37 WIB

Partai Islam Bangladesh Prihatin Serangan Muslim di India

Pelaku perusakan masjid dan rumah Muslim harus diadili.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Partai Islam Bangladesh Prihatin Serangan Muslim di India. Seorang prajurit paramiliter berpatroli melewati sebuah toko yang terbakar di desa Rowa, sekitar 220 kilometer dari Agartala, di negara bagian Tripura, India, Rabu, 27 Oktober 2021. Ketegangan tinggi di beberapa bagian negara bagian Tripura pada Jumat setelah serangkaian serangan terhadap minoritas Muslim. Serangan itu sebagai pembalasan atas kekerasan terhadap umat Hindu di perbatasan Bangladesh awal bulan ini. Polisi mengatakan setidaknya satu masjid, beberapa toko dan rumah milik Muslim dirusak sejak Selasa. 
Foto:

Asisten profesor di departemen agama dan budaya dunia di Universitas Dhaka Abdullah Al Mahmud mengatakan Islam tidak pernah mendukung kekerasan. Dia mengatakan sebagai tetangga terdekat India, pemerintah Bangladesh harus berkomunikasi melalui saluran diplomatik dengan otoritas India dan meminta mereka meningkatkan langkah keselamatan dan keamanan untuk perlindungan minoritas Muslim.

"India adalah negara sekuler dan demokratis sehingga semua orang memiliki hak bebas menjalankan agama mereka dan menikmati kebebasan berekspresi," kata Al Mahmud.

"Pada saat yang sama, pemerintah Bangladesh dan mayoritas Muslim di negara Asia Selatan harus ingat Islam sangat serius tentang hak-hak minoritas dan tidak pernah mengizinkan pelecehan terhadap satu orang untuk kejahatan apa pun terhadap orang lain," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement