Ahad 17 Oct 2021 11:25 WIB

Warga Arab Saudi Bahagia Aturan Pembatasan Dilonggarkan

Masker tidak lagi wajib dalam pertemuan di luar ruangan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Warga Arab Saudi Bahagia Aturan Pembatasan Dilonggarkan. Warga Arab Saudi menikmati waktu dengan memakai masker. Kini, Arab Saudi telah mencabut aturan penggunaan masker di tempat umum bagi mereka yang telah divaksinasi lengkap.
Foto:

Putri Salem Al-Zahrani menikah delapan bulan lalu dan dia putus asa melihat begitu sedikit kerabat yang menghadiri pernikahan. “Jika bukan karena pandemi dan pembatasan jumlah yang dikeluarkan oleh pihak berwenang, saya akan mengundang lebih dari seratus teman dan kerabat saya untuk menghadiri pernikahan putri saya,” kata dia. 

Sudah menjadi bagian dari budaya Saudi bahwa seorang pengantin wanita dibawa ke calon suaminya dengan ditemani sebanyak mungkin kerabat. Ini adalah sumber kebanggaan bagi gadis muda itu. Dia mengatakan dia beruntung putrinya cukup bijak memahami kompleksitas situasi global.

Bentuk sosial orang Saudi sangat kuat, dan itulah sebabnya kami biasanya melihat banyak orang merayakan acara sosial. Selama pesta pernikahan, tuan rumah biasanya menawarkan makanan terbaik yang mereka bisa untuk menghormati keluarga gadis itu dan mereka yang diundang.

“Dengan berakhirnya pembatasan, orang Saudi akan bersukacita dan kembali ke pertemuan sosial normal mereka di mana mereka dapat berkumpul dengan bebas dan dengan gembira bersukacita. Saya yakin mereka akan berhati-hati dengan kesehatan mereka," ujar al Bakri.

Masker tidak lagi wajib dalam pertemuan di luar ruangan, kecuali untuk lokasi tertentu termasuk Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Jarak sosial tidak lagi wajib di pertemuan sosial atau di tempat umum termasuk transportasi, restoran, dan bioskop.

 

Aula pernikahan juga akan diizinkan kembali dengan kapasitas penuh. Aturan baru hanya berlaku bagi mereka yang telah divaksinasi lengkap, yaitu sekitar 20,6 juta orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement