Rabu 06 Oct 2021 20:57 WIB

Distrik Fatih, Wilayah dengan Masjid Terbanyak di Istanbul

Wilayah ini juga tempat Masjid Agung Hagia Sophia hingga Masjid Biru berada.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Distrik Fatih, Wilayah dengan Masjid Terbanyak di Istanbul. Jamaah membaca Quran saat mereka sholat Jumat di Masjid Fatih, Istanbul, Turki, Jumat (29/5). Shalat Jumat setelah 74 hari dengan jarak sosial di tengah pandemi virus corona.
Foto: EPA -EFE / SEDAT SUNA
Distrik Fatih, Wilayah dengan Masjid Terbanyak di Istanbul. Jamaah membaca Quran saat mereka sholat Jumat di Masjid Fatih, Istanbul, Turki, Jumat (29/5). Shalat Jumat setelah 74 hari dengan jarak sosial di tengah pandemi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Istanbul di Turki menjadi kota dengan jumlah masjid terbanyak di negara tersebut. Baik masjid bersejarah maupun modern, hampir setiap dua blok akan selalu mudah menemukan masjid.

Namun, ternyata angka menunjukkan distribusi masjid di seluruh kota tidak merata. Dari semua wilayah di Istanbul, Distrik Fatih, memiliki jumlah masjid terbesar dengan 350 dari 3.549 masjid di seluruh sisi Eropa dan Asia metropolis.

Baca Juga

Wilayah ini juga tempat Masjid Agung Hagia Sophia hingga Masjid Biru atau Sultanahmet berada. Sementara Distrik Adalar justru memiliki masjid paling sedikit, dengan hanya 10 masjid di empat pulau.

Dilansir dari Daily Sabah, Selasa (5/10), statistik menunjukkan meskipun jumlah masjid mungkin tampak melimpah di kota mayoritas Muslim, hanya ada satu masjid untuk sekitar 4.356 umat di kota berpenduduk lebih dari 15 juta orang.  Sebagian besar masjid, meski luas, menghadapi masalah kepadatan, yang menjadi perhatian selama pandemi virus corona, terutama saat sholat berjamaah pada Jumat dan selama hari libur keagamaan.

Distrik Fatih berpenduduk hampir 400 ribu orang, artinya ada satu masjid untuk setiap 1.133 orang. Namun, masjid-masjid di distrik tersebut, terutama yang berasal dari zaman Ottoman dan yang lebih besar dari yang lain, seperti Süleymaniye dan Masjid Biru masih dipenuhi jumlah jamaah yang tinggi selama sholat berjamaah.

Hal ini karena masjid-masjid tersebut juga populer di kalangan wisatawan ke kota. Sementara Sküdar, distrik bersejarah lainnya di pantai sisi Asia kota, memiliki jumlah masjid tertinggi kedua di Istanbul, yaitu 196 buah.

Mraniye, Pendik, Beykoz dan Arnavutköy mengikuti mereka dalam hal jumlah.  Selain Kepulauan Pangeran, Bakırköy dan Beşiktaş memiliki masjid paling sedikit, masing-masing 38 dan 42 buah.

Adapun di Esenyurt, sebuah distrik terpadat di kota dengan populasi lebih dari 957 ribu, ada satu masjid untuk setiap 11.263 orang. Di Adalar, di sisi lain hanya 16.033 orang tinggal, ada satu masjid untuk 1.603 orang. Meskipun berpenduduk jarang, Ile, tempat liburan akhir pekan favorit bagi orang Istanbul, memiliki jumlah masjid terbesar per penduduk, dengan satu masjid untuk setiap 352 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement