Jumat 01 Oct 2021 13:10 WIB

21 Tahun Lalu, Mengenang Pejuang Palestina Al-Durrah 

Tentara Israel membombardir Al-Durrah yang berusia 12 tahun saat itu.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
21 Tahun Lalu, Mengenang Pejuang Palestina Al-Durrah. Sudah 21 tahun berlalu sejak peristiwa penembakan oleh tentara Israel yang menewaskan Mohammad Jamal Al-Durrah yang saat itu berusia 12 tahun. Tapi citranya sebagai ikon perjuangan Palestina tidak pernah pudar.
Foto:

"Beberapa menit kemudian ambulans datang dan membawa kami berdua ke Rumah Sakit Al-Shifa. Mohammad sudah meninggal dan sehari kemudian saya dirujuk ke rumah sakit di Yordania untuk perawatan," tambahnya.

Jamal mengatakan rekaman putranya adalah bukti ratusan pembantaian Israel terhadap warga Palestina yang sebagian besar tidak didokumentasikan. Jamal memperbarui seruannya untuk meminta pertanggungjawaban Israel atas pembunuhan putranya dan atas semua kejahatan dan pembantaian yang dilakukan terhadap rakyat Palestina.

Dia menyatakan penyesalannya atas kegagalan lembaga resmi Palestina dalam menggunakan kasus putranya untuk mengutuk Israel atas kejahatannya di Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). "Saya memulai pertempuran hukum sendirian di pengadilan Prancis tanpa dukungan dari pejabat Arab atau Palestina mana pun," katanya.

Dia menambahkan, "Masalah ini bukan hanya masalah keluarga Al-Durrah, ini adalah masalah semua orang Palestina, dan masalah para syuhada dan pembantaian yang masih dilakukan oleh entitas Zionis."

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement