Kamis 26 Aug 2021 17:54 WIB

Rekomendasi MUI untuk Pemerintah Terkait Penanganan Covid-19

MUI mendorong pemerintah memperhatikan kesehatan dan keselamatan para ulama.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Rekomendasi MUI untuk Pemerintah Terkait Penanganan Covid-19. Petugas kesehatan mengecek kesehatan warga sebelum penyuntikan vaksin COVID-19 di GOR Trisanja, Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (26/8/2021). Serbuan Vaksin COVID-19 oleh TNI Angkatan Laut Koarmada II Surabaya tersebut menargetkan sebanyak 30.000 vaksin untuk masyarakat Kabupaten Tegal guna pengendalian penyebaran COVID-19.
Foto:

MUI mengusulkan agar mengevaluasi penerapan dan pelaksanaan PPKM darurat di lapangan dan dampaknya yang beragam terhadap berbagai dimensi kehidupan masyarakat. Pemerintah juga harus memperhatikan aspirasi umat, keselamatan jiwa rakyat, dan optimalisasi jaring pengaman sosial.

MUI juga merekomendasikan semangat mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa untuk menanggulangi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Silang pendapat atau gesekan pemikiran dilakukan demi kepentingan yang lebih konstruktif, yaitu membangun dan menguatkan ekonomi nasional.

"Setajam apa pun perbedaan pendapat tidak menghalangi hubungan personal di antara mereka yang tetap terjalin akrab dan hangat. Sehingga perbedaan pendapat di antara mereka membawa berkah bagi Indonesia," ujarnya.

Buya Amirsyah menyampaikan rekomendasi selanjutnya MUI mendorong pemerintah melakukan berbagai penelitian secara serius terhadap pertumbuhan dan perkembangan virus corona untuk memperjelas sumber asal virus corona. Sehingga akan mempercepat bentuk dan proses penanganannya.

MUI mendorong pemerintah mendukung segala upaya riset yang dilakukan oleh anak-anak bangsa untuk menemukan vaksin yang tepat dan cocok untuk semua kategori umur serta terjangkau. Seperti yang dilakukan oleh peneliti vaksin Merah Putih dan vaksin Nusantara, tanpa ada perlakuan yang diskriminatif.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement