Selasa 20 Jul 2021 14:57 WIB

Masjid At Taqwa Jember Kemas Daging Qurban dengan Daun Jati

Panitia memanfaatkan pohon jati yang banyak tumbuh di sekitar masjid.

Masjid At Taqwa Jember Kemas Daging Qurban dengan Daun Jati
Foto: Antara/Adeng Bustami
Masjid At Taqwa Jember Kemas Daging Qurban dengan Daun Jati

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Masjid At Taqwa yang berada di Perumahan Graha Citra Mas Kabupaten Jember, Jawa Timur membagikan daging hewan qurban dengan menggunakan daun jati dan besek bambu. Hal ini untuk mengurangi sampah plastik. 

"Penggunaan daun jati untuk membungkus daging hewan qurban sangat ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik yang dapat merusak lingkungan," kata Ketua Masjid At-Taqwa Khotibul Umam, Selasa (20/7).

Baca Juga

Menurutnya, banyak pohon jati yang tumbuh di sekitar masjid sehingga hal tersebut dimanfaatkan panitia qurban bersama masyarakat untuk membungkus daging hewan qurban.

"Dengan menggunakan daun jati kami berusaha menjaga tradisi masyarakat terdahulu. Daging qurban yang dibungkus daun jati lebih awet sampai pendistribusian ke penerima," katanya.

Dengan menggunakan daun jati dan besek dalam pendistribusian hewan qurban, panitia mengajak masyarakat lebih peduli menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah plastik yang sulit terurai. Khotibul mengatakan jumlah hewan qurban yang disembelih di Masjid At Taqwa sebanyak empat ekor sapi dan 14 ekor kambing.

Ketua RW 21 Sapto mengatakan penggunaan daun jati dan besek untuk membungkus daging hewan qurban merupakan hal perdana karena sebelumnya menggunakan kantong plastik. "Insya Allah penggunaan daun jati dan besek untuk membungkus daging qurban akan dilestarikan demi menjaga lingkungan sekitar dan mengurangi sampah plastik di Kabupaten Jember," katanya.

Menurutnya, banyak pohon jati yang berada di sekitar masjid sehingga sayang kalau tidak dimanfaatkan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimbau panitia pembagian daging qurban mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai karena dapat merusak lingkungan dan plastik sulit terurai.

Selain itu, kantong plastik daur ulang mengandung zat karsinogen dan bahan kimia lainnya yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Beberapa wadah alternatif yang bisa digunakan masyarakat dalam membungkus daging hewan qurban, di antaranya daun pisang, daun jati, besek atau anyaman bambu, kantong makanan berbahan kertas, dan tempat makan yang bisa digunakan kembali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement