Selasa 13 Jul 2021 20:06 WIB

3 Kategori Ahli Alquran Menurut Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat menyebutkan tiga kategori ahli Alquran yang diberkahi

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ustadz Adi Hidayat menyebutkan tiga kategori ahli Alquran yang diberkahi. Ilustrasi  Anak membaca Alquran
Foto:

Berdasarkan hadits itu, Allah SWT akan memberikan pahala puluhan kali lipat dari setiap huruf dalam Alquran yang dibaca hamba-Nya. Meskipun, hamba itu masih dalam tahap belajar dan belum lancar dalam membaca Alquran. 

Keutamaan orang yang mengisi hari-harinya dengan membaca Alquran adalah Allah SWT akan menjaga kemuliaannya sehingga menjadi manusia yang terbaik. Menurut Ustadz Adi Hidayat, orang yang istiqamah membaca Alquran akan mendapatkan penjagaan Allah SWT melalui para malaikatnya dalam setiap aktivitas yang dilakukan hamba tersebut. Setiap ucapan dan perbuatannya senantiasa akan dijaga, sehingga tidak terjerumus kepada perbuatan maksiat.

Kategori kedua yakni orang yang bertilawah yaitu yang membaca, memahami, dan mengamalkan isi kandungan Alquran. Sudah barang tentu kategori ahli Alquran kedua ini lebih tinggi tingkatannya dibandingkan tingkatan sebelumnya. Bukan saja membaca Alquran namun orang tersebut senang dalam mengupas untuk memahami isi Alquran. Setiap ayat yang sudah dibaca dan pahami isinya dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap tingkah lakunya merupakan cerminan Alquran. Ahli Alquran kategori kedua ini mendapat keutamaan yang tidak diberikan kepada orang-orang yang hanya membaca Alquran saja.

Di antaranya, Allah akan memberikan rahmat selagi seorang hamba itu menggali untuk memahami setiap ayat-ayat Allah. Allah pun akan menurunkan malaikat yang memberikan penjagaan bagi orang-orang yang bertilawah. 

Selain itu, menurut Ustadz Adi, orang yang bertilawah akan ditanamkan ketenangan dalam hatinya dan mendapai sanjungan dari Allah SWT.

"Ahli Alquran tak pernah disebutkan spesifik yang hafal 30 juz saja. ahli Alquran bisa jadi dia pencinta Alquran yang senang mendalami isi kandungan Alquran, atau dia pembaca Alquran," kata Ustadz Adi Hidayat.

Kategori ahli Alquran yang ketiga yakni para penghafal Alquran. Menurut Ustadz Adi Hidayat ada banyak keutamaan yang diberikan Allah kepada para penghafal Alquran. Allah SWT akan memuliakan kehidupan para penghafal Alquran di dunia.

Para penghafal Alquran juga akan memberikan keberkahan bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya. Allah SWT juga akan mengangkat kehormatan orang tua dari anak-anaknya yang menghafal Alquran. Allah juga akan menjaga jasad para penghafal Alquran tetap utuh dalam kubur hingga hari kiamat tiba. 

 

Ustadz Adi Hidayat juga menjelaskan Allah SWT membuka seluruh pintu surga yang bagi para penghafal Alquran dan memanggil seluruh anggota keluarga para penghafal Alquran untuk berbondong- bondong masuk ke dalamnya. Akan tetapi menurut Ustadz Adi tak semua para penghafal Alquran akan mendapatkan kemuliaan tersebut, ini tergantung pada komitmennya mengamalkan Alquran itu sendiri.   

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement