Selasa 13 Jul 2021 17:51 WIB

Semangat Hijrah Bagus, Tapi Lengkapi dengan Hal Berikut Ini

Hijrah adalah tuntunan yang berkelanjutan sepanjang hidup

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Hijrah adalah tuntunan yang berkelanjutan sepanjang hidup. Ilustrasi hijrah
Foto:

Ustadz Lutfhi menjelaskan hijrah kepada rasul bermakna menyerahkan semua perkara agama dengan bersandarkan apa yang diajarkan Rasulullah SAW. Dalam artian, mengambil semua apa yang diajarkan Rasul dan meninggalkan hal yang dilarangnya kendati perkara tersebut tak bisa dimengerti akal dan tidak sesuai dengan nafsu diri. Ini sebagaimana tertuang dalam Alquran surat An Nisa ayat 65 yang artinya: 

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّىٰ يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

"Demi Tuhanmu, mereka tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu (Nabi Muhammad) hakim terhadap per kara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya."

Menurut Ustadz Luthfi, ayat tersebut menjelaskan, orang yang berhijrah perlu menerima semua yang diperintahkan dan dianjurkan Rasul dalam haditsnya dan tidak menentang bahkan menolak hadits Rasul dengan berbagai alasan dan pendapat pribadi.

Orang yang berhijrah kepada Rasul berarti menjadikan Rasulullah sebagai sosok yang dikagumi, diagungkan, dicintai, diteladani, dan ditaati setiap yang dikatakan Rasulullah dalam haditsnya. 

Orang yang berhijrah tak cukup hanya mengetahui tujuan hijrahnya. Dia memerlukan bekal, yakni ilmu agama untuk sampai pada keridhaan Allah. Dengan ilmu agama, seseorang yang berhijrah tidak akan tersesat dalam perjalanannya berhijrah. 

Untuk mendapatkan ilmu itu, menurut Ustadz Luthfi, tak ada cara lainnya kecuali dengan mem pe lajari dan mengikuti apa yang diajarkan Rasul, para sahabat dan orang-orang saleh yang telah berhasil dalam hijrahnya.

"Mau menuju ke Allah tujuannya tahu, tapi bagaimana supaya benar, harus dibekali ilmu agama. Kalau dia berilmu, dia tahu bagaimana jalan, arah, dan rambu-rambu menuju tujuannya itu," tuturnya. 

 

Lebih lanjut, Ustadz Luthfi menjelaskan, orang yang berhijrah harus terus bersungguh-sungguh dengan sekuat tenaga dalam hijrahnya serta menyandarkan semua usahanya dalam berhijrah kepada Allah. Artinya, orang yang berhijrah harus senantiasa meminta pertolongan kepada Allah agar terus mendapatkan petunjuk dan mengokohkan keimanan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement