Jumat 09 Jul 2021 05:35 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Terlarang Berputus Asa

Bagaimanapun beratnya masalah hidup yang kita hadapi terlarang putus asa.

Naskah Khutbah Jumat: Terlarang Berputus Asa
Foto:

Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ. مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ أَرْشَدَكُمُ اللهُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ، أَمَّا بَعْدُ؛

قَالَ تَعَالَى: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا.

Jamaah Jum’ah rahimakumullah,

Bagaimanapun beratnya masalah hidup yang kita hadapi tetap terlarang kita untuk berputus-asa. Sebab masalah apapun yang nyata hadir di hadapan kita jelas sudah diukur dan disesuaikan oleh Allah SwT dzat yang Maha Mengatur dengan kualitas kepribadian kita masing-masing. Tidak pernah meleset ukuran itu. Kita pasti kuasa menghadapi bahkan mengatasi masalahnya. Kuncinya adalah kita yakin mampu serta berikhtiar secara optimal. Berputus-asa hanya bermakna menujukan diri ke golongan orang kufur; selain itu juga akan mengarahkan jiwa kita menjadi negatif bahkan rusak. Rusak diri juga rusak sekitarnya.

Diriwayatkan dalam atsar bahwa Sahabat Umar ibn Khatab ra selalu mampu bersyukur kendatipun masalah yang dihadapinya besar bahkan berupa musibah. Mengapa? Pertama, musibah itu tidak mengenai akidah dan tidak mencabut keyakinan agama kita. Kedua, musibah itu bukanlah yang terbesar atau tidak yang terberat. Ketiga, adanya janji Allah SwT kepada siapapun yang berhasil menghadapinya dengan balasan dan kedudukan yang mulia di sisi-Nya. Begitulah tiga alasan kuat mengapa Sahabat Umar ra selalu mampu bersyukur meskipun menghadapi musibah yang maha berat.

Demikianlah khutbah yang kami sampaikan. Semoga mendapat ridla dari Allah SwT dan memberikan manfaat bagi kita semuanya. Mari kita jaga iman-takwa, dan mari kita berdoa memohon kekuatan fisik dan mental sehingga mampu menghadapi dan menyelesaikan apapun masalah yang menghadang kita.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ ،  إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ, رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ, رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَاْرحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُونَا بِالإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ ءَامَنُوْا رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفُ رَّحِيْمٌ، رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا, رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ, سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ, وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ, وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Sumber : Majalah SM Edisi 05 Tahun 2012

 

https://suaramuhammadiyah.id/2021/07/08/terlarang-berputus-asa/

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement