Jumat 09 Jul 2021 05:35 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Terlarang Berputus Asa

Bagaimanapun beratnya masalah hidup yang kita hadapi terlarang putus asa.

Naskah Khutbah Jumat: Terlarang Berputus Asa
Foto:

Jamaah Jum’at yang dirahmati Allah,

Masalah yang menghadang gerak langkah hidup kita ke depan memang tidak sedikit dan tidak ringan. Konon menurut pengamatan para ahli, dewasa ini polusi dan tingkat stres manusia jauh lebih hebat dibanding 5 atau 10 tahun lalu.

Itulah hidup yang sudah berubah, bergerak dan bahkan bertambah. Menjalani hidup berarti menghadapi dan mengatasi masalah yang menghadangnya. Kadang masalah kecil dan kadang besar.

Apapun masalah yang hadir di hadapan kita sesungguh-sungguhnya mampu kita atasi manakala kita yakin serta berupaya secara optimal. Sebab Allah SWT dzat yang mencipta kita dan Sumber segala sumber itu telah menetapkan kelayakan-kepatutan hadirnya masalah itu dengan kualitas kepribadian kita guna menghadapinya. Dibuat-Nya setara, pas, sesuai antara masalah hidup dengan kemampuan masing-masing manusia. Ketetapan tersebut ditegaskan Allah dalam firman pada Qs Al-Baqarah [2]: 286.

Allah tidak akan membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya. Renungan dari firman ini adalah setiap masalah yang dihadapi seseorang sudah diformat sesuai serta pas untuk dihadapi oleh orang tersebut.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement