Kamis 08 Jul 2021 07:36 WIB

Zakat Solusi Atasi Kesenjangan Sosial di Nigeria

Kesenjangan sosial menjadi tantangan utama di Nigeria.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Muslim Nigeria.
Foto:

Dosen tamu pada acara tersebut, Prof Adeyemo dari University of Benin menyatakan bahwa negara saat ini hampir sepenuhnya tidak aman. Dia menyesali perbedaan besar dalam pendapatan, kekayaan ekonomi dan kebijakan publik yang hanya menguntungkan elit di masyarakat.

Dia menekankan bahwa merawat orang yang tertindas, khususnya orang miskin di masyarakat dan membayar zakat, akan membantu mengurangi kejahatan. Sebab kesejangan sosial telah memicu tantangan keamanan di Nigeria.

Barr Al-Amin Alao mengatakan lembaga zakat menunjukkan bahwa pemerintah tertarik pada kesejahteraan penganutnya dan ketidakamanan telah menjadi krisis karena kemiskinan dan pemerintahan yang buruk.

Mallam Abdul Rasheed Jatto, Admin Officer Yayasan, mengimbau umat Islam yang kaya dan bermaksud baik untuk berusaha membayar zakat mereka. Karena zakat ini akan sangat membantu mengatasi tantangan yang dihadapi masyarakat yang kurang beruntung.

 

Kepala Pemantauan dan Evaluasi Yayasan, Misbaudeen Ismail, mengatakan bahwa yayasan sejauh ini telah mendistribusikan zakat di sembilan negara bagian di Nigeria Selatan, yang meliputi Abia, Ebonyi, Enugu, Sungai, Akwa Ibom, Delta, Edo, Ekiti dan Kwara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement