Senin 19 Jun 2023 05:05 WIB

Mahasiswi Muslim Nigeria Pecahkan Rekor Raih IPK 5,0

Pencapaian tersebut merupakan yang pertama dalam 40 tahun sejarah universitas.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Mahasiswi berjilbab Aminat Yusuf mencatat sejarah di Lagos State University, Nigeria dengan IPK 5,0.
Foto: About Islam
Mahasiswi berjilbab Aminat Yusuf mencatat sejarah di Lagos State University, Nigeria dengan IPK 5,0.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Seorang mahasiswi Muslim berjilbab mencatat sejarah di Lagos State University, Nigeria. Dia lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif 5,0. 

Pencapaian tersebut merupakan yang pertama dalam 40 tahun sejarah universitas. Perempuan tersebut ialah Aminat Yusuf, lulusan Fakultas Hukum. Dengan prestasi itu dia akan diganjar hadiah uang tunai sebesar 500 ribu Naira Nigeria, atau setara dengan sekitar Rp 11 juta dengan asumsi kurs 1 Naira Nigeria adalah Rp 22.

Baca Juga

Yusuf menduduki puncak lulusan kelas satu untuk tahun akademik 2021/2022. Adapun mahasiswa lain, Feyisayo Lopez dari Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran muncul sebagai yang terbaik untuk tahun akademik 2020/2021 dengan 4,91 CGPA.

Lagos State University (LASU) di Nigeria mendapat peringkat universitas negeri terbaik di Nigeria oleh Indeks Ilmiah AD pada 2022 dan juga mendapatkan akreditasi penuh 96 persen dalam latihan akreditasi NUC 2022.

"Ini adalah pemenuhan tujuan strategis pertama dari administrasi ini, yaitu untuk memastikan bahwa semua program akademik dan profesional telah dan tetap terakreditasi oleh badan terkait," kata Wakil Rektor LASU Ibiyemi Olatunji-Bello, dilansir About Islam, Ahad (18/6/2023).

Universitas tersebut juga mendapatkan akreditasi untuk program profesional yang ditawarkan di Universitas dari badan akreditasi terkait. "Yang perlu diperhatikan adalah akreditasi ulang program Akuntansi kami oleh Institute of Chartered Accountants of Nigeria (ICAN)," katanya.

Dengan keberhasilan yang luar biasa ini, Yusuf baru saja menyusul murid-murid Muslim jenius lainnya yang sebelumnya telah mendapatkan kejayaan tersebut.

Halima Ali Shuwa, seorang mahasiswa Nigeria yang mempelajari imunologi di Fakultas Biologi, Kedokteran dan Kesehatan, dinobatkan sebagai mahasiswa pascasarjana tahun 2022 di University Of Manchester. Adapun Saheela Ibraheem, gadis Muslim Nigeria, pada 2016, juga mendapat tempat di antara daftar 50 Remaja Terpintar di Dunia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement