Selasa 22 Jun 2021 13:22 WIB

Tahun Ini Rumah Zakat Targetkan 20 Ribu Hewan Kurban

Rumah Zakat menerapkan Prokes yang ketat dalam proses pengelolaan Superqurban

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Tim Rumah Zakat tengah menimbang hewan kurban. Tahun ini Rumah Zakat menargetkan 20 ribu hewan kurban.
Foto:

Sementara menurut Aktor Adhin Abdul Hakim, sebagai salah satu influencer Rumah Zakat, ia pernah langsung mendistribusikan Superqurban ke daerah terpencil. Tepatnya, di Patiro-Sulawesi Selatan. Akses jalan ke daerah terpencil itu, sekitar 2 jam an dari kota.

"Jadi daerahnya semacam lembah yang di kelilingi bukit dan sawah-sawah. Benar-benar terisolasi karena tak ada jembatan dan akses yang di lewati sangat jauh. Agar bisa masuk ke kampungnga saya 4 jam jalan kaki," kata Adhin.

Bahkan, kata dia, di daerah tersebut tak ada sekolah. Adanya, relawan yang sesekali datang mengajar. Rumah penduduknya, rata-rata panggung. Saat belajar,  mereka belajar di bawah rumah panggung jadi bersatu dengan kandang.

"Perekonomian susah saya datang sekitar 2019. Untuk makan dan kebutuhan sehari-hari sulit bagaimana mereka bisa kurban. Mereka pun jarang memakan daging karena walaupun ada sapi dan kambing untuk di jual bukan dimakan sendiri," katanya.

Adhin mengatakan, di lokasi tersebut Masjid sangat jauh. Jadi susah kalau akan ke masjid. "Bahkan ada warganya yang blm pernah melihat masjid. Ngeri ga? Disana belum pernah ngeliat masjid. Listrik, air bersih ga ada, ga ada MCK kalau buang air harus 500 meter jalan ke sungai," papar Adhin seraya mengatakan Ia akan selalu datang ke berbagai daerah pedalaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement