Selasa 30 Apr 2024 11:15 WIB

PT Pelindo dan Rumah Zakat Gelar Pelatihan Pembuatan Ecobriks Upaya Kelola Sampah Plastik

PT Pelindo dan Rumah Zakat terapkan prinsip 3R dalam pengelolaan sampah.

PT Pelindo dan Rumah Zakat Mengadakan pelatihan ecobriks di Bank Sampah RW 08 Kecamatan Cilincing, Senin (29/4/2024).
Foto: Dok. Rumah Zakat
PT Pelindo dan Rumah Zakat Mengadakan pelatihan ecobriks di Bank Sampah RW 08 Kecamatan Cilincing, Senin (29/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelindo dan Rumah Zakat Mengadakan pelatihan ecobriks di Bank Sampah RW 08 Kecamatan Cilincing, Senin (29/4/2024). Masalah sampah plastik di Indonesia telah menjadi penyebab utama dari penumpukan banyaknya sampah, terutama karena plastik membutuhkan waktu sekitar satu milenium atau sekitar 1000 tahun untuk terurai. 

PT Pelindo dan Rumah Zakat membersamai para anggota bank sampah dalam menerapkan prinsip 3R, yaitu Mengurangi, Menggunakan kembali, dan Mendaur ulang, dalam menangani sampah plastik, salah satunya dengan adanya pelatihan ecobriks.

Baca Juga

Proses pertama pelatihan, dimulai dengan pilah dan membersihkan sampah plastik yang dibina langsung oleh trainer, setelah berhasil dipilah sampah plastic dimasukkan kedalam botol plastik, lalu disusun menjadi barang, sebagai contoh dari pelatihan ecobriks ini ialah pembuatan bangku.

“Saya baru mengetahui ecobriks ini, sekarang Alhamdulillah sudah ada bekal untuk diterapkan di bank sampah kami,” ujar Komala Sari, salah satu peserta pelatihan, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (30/4/2024).

Melalui pelatihan ecobricks, anggota bank sampah dapat belajar bagaimana mengumpulkan dan mengemas sampah plastik ke dalam botol plastik bekas dengan benar, sehingga dapat menghasilkan produk plastik yang kuat dan berkualitas. Dalam pelatihan ini, peserta juga dapat memahami pentingnya penggunaan ecobricks sebagai alternatif ramah lingkungan dalam konstruksi dan pengurangan sampah plastik secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement