Jumat 18 Jun 2021 08:15 WIB

Kisah Dakwah Nabi Ibrahim kepada Ayahnya

Azar, ayah Nabi Ibrahim, memilih menyembah berhala.

Urfa di Turki yang dipercaya sebagai lokasi tempat pembakaran Nabi Ibrahim
Foto:

Seperti dinukilkan dalam buku berjudul "Maafkan Durhaka Kami Ayah Bunda" oleh Husen Zakaria Filail disebutkan, bahwa Ibrahim tetap menunjukkan keluhuran budi pekertinya meski bapaknya ada dalam kesesatan. Setiap kali ia menasihati bapaknya, selalu diawali dengan kata 'Wahai bapakku'. Selain tutur kata lembut, geraknya dalam penyampaian dakwah juga penuh hormat.

Selain itu, Ibrahim tidak merasa lebih pintar dari ayahnya. Ia juga tidak merendahkan bapaknya atau mengumbar ilmu yang dikaruniakan oleh Allah kepada dirinya di hadapan ayahnya. Akan tetapi, ia tetap menyampaikan ajakannya itu dengan penuh kelembutan.

Ibrahim juga begitu khawatir akan ayahnya, sehingga terus berusaha memberikan pencerahan iman. Meski sang bapak membalas dengan ancaman pun, Ibrahim tetap membalasnya dengan lapang dada dan ketenangan hati. Ibrahim tetap berkata, "Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu."

Bahkan menurut para alim tafsir, Ibrahim memohonkan ampunan kepada Allah bagi bapaknya itu sepanjang hayatnya. Namun, tatkala bapaknya meninggal dalam keadaan syirik (menyekutukan Allah), Ibrahim pun menghentikan doanya dan berlepas diri daripadanya. Hal demikian sebagaimana dijelaskan Alquran surah al-Taubah ayat 114.

Dikisahkan, setelah dakwahnya ditolak, Nabi Ibrahim pun meninggalkan bapaknya Aadzar beserta berhalanya. Beliau pergi berhijrah meninggalkan negaranya.

Dalam riwayat disebutkan bahwa Ibrahim tinggal di kota al-Kaldaniyyiin, Babilonia, untuk beberapa waktu. Ibrahim juga sempat berdakwah pada kaumnya dan juga berhadapan dengan Raja Namrud.

Selanjutnya, Ibrahim mengembara ke Negeri Syam (Palestina). Ketika Palestina mendapat bahaya penyakit menular dan kehidupan di sana kian sulit, Ibrahim mendapat perintah berhijrah. Ia lantas hijrah ke Mesir disertai istrinya Sarah dan keponakannya Nabi Luth.

Setelah dari Mesir, Ibrahim disebutkan kembali ke Palestina. Ibrahim juga dikaruniai oleh Allah beberapa orang keturunan, termasuk Ishak dan Yakub, yang keduanya juga diangkat menjadi nabi oleh Allah. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement